Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions

Depak Inter, Schalke Hadapi MU di Semifinal
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 14-04-2011 | 09:13 WIB

Gelsenkirchen, batamtoday - Schalke melangkah mantap ke Semifinal Liga Champions setelah sukses menghancurkan Inter Milan dengan skor 2-1 di laga kedua Perempatfinal di Stadion Veltins-Arena, Kamis, 14 April 2011. Pada pertandingan Semifinal nanti Schalke akan berhadapan dengan wakil Inggris, Manchester United.

Secara keseluruhan, Schalke menang agregat 7-3. Pasalnya pada laga pertama di Giuseppe Meazza, Schalke unggul 5-2. Kegagalan Inter menjadi tragedi karena mereka berstatus juara bertahan. Lebih dari itu, Italia kembali gagal mengantarkan wakilnya ke semi-final.

Keberhasilan klub Bundesliga Jerman ini menapak ke empat besar menjadi kejutan di Liga Champions. Mereka mampu menyingkirkan juara bertahan. Apalagi perjalanan Schalke di liga domestik terseok-seok. Saat ini Schalke masih tertahan di papan tengah dengan menduduki peringkat sembilan.

Awal pertandingan kedua tim nampak belum saling menyerang, Gelandang Inter Wesley Sneijder sempat melepaskan tendangan spekulatif ke arah gawang Schalke. Namun upayanya tak membahayakan kiper Manuel Neuer. Tuan rumah mendapat peluang pertama melalui Raul di menit ke-15. Hanya, sundulan penyerang veteran ini masih bisa ditepis oleh kiper Julio Cesar.

Inter yang harus mengejar defisit gol mulai menekan pertahanan tuan rumah. Tercatat, Dejan Stankovic dan Maicon mendapat peluang yang bisa membuahkan gol. Namun, mereka gagal menuntaskannya.

Akibat serangan bergelombang yang dilakukan Inter membuat lini belakang lengah. Situasi itu bisa dimanfaatkan Raul. Mantan striker Real Madrid itu berhasil menyarangkan gol ke gawang Inter pada menit 45 memanfaatkan umpan terobosan dari Jose Manuel Jurado, dengan mudah Raul mengecoh Julio Cesar sebelum melepaskan tendangan ke gawang yang kosong.

Usai jeda, Inter mulai bangkit dan memberikan tekanan pada Schalke. Anak asuh Rafael Benitez tak membutuhkan waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Melalui Thiago Motta yang memanfaatkan umpan silang Sneijder, Inter mengubah skor menjadi 1-1. Gol Thiago tercipta di menit ke-50.

Gol itu menaikkan semangat pemain Inter. Mereka tak berhenti menekan pertahanan Schalke. Hanya, usaha mereka tak membuahkan hasil. Sebaliknya, gawang Julio Cesar kembali keboboolan. Gol Schalke dihasilkan oleh Benedikt Howedes di menit ke-81. Dirinya berhasil lolos dari jebakan offside. Gol itu menjadikan Schalke unggul 2-1 dan bertahan sampai akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

Schalke 04: 1-Manuel Neuer; 22-Atsuto Uchida, 21-Christoph Metzelder, 4-Benedikt Hoewedes, 2-Hans Sarpei; 11-Alexander Baumjohann (31-Julian Draxler 73), 32-Joel Matip, 14-Kyriakos Papadopoulos, 18-Jose Jurado (13-Lukas Schmitz 87); 9-Edu (15-Angelos Charisteas 77), 7-Raul.

Inter Milan: 1-Julio Cesar; 13-Maicon, 6-Lucio, 15-Andrea Ranocchia, 55-Yuto Nagatomo; 4-Javier Zanetti, 8-Thiago Motta, 10-Wesley Sneijder (29-Coutinho 80), 5-Dejan Stankovic (27-Goran Pandev 46); 9-Samuel Eto’o, 22-Diego Milito.

Hasil pertandingan Lain:

Tottenham Hotspur 0-1 Real Madrid (Agregat Real Madrid unggul 5-0 atas Tottenham Hotspur)