Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Jamin Stok Terigu dan Minyak Goreng Aman Selama Puasa dan Lebaran
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-07-2013 | 00:00 WIB
tepung-terigu-19.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah meminta kepada para produsen agar tetap menjaga ketersediaan stok dan kestabilan harga di saat masyarakat menyambut hari-hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Lebaran, terutama barang-barang kebutuhan pokok seperti tepung terigu dan minyak goreng.


Menteri Perindustrian, Mohammad S Hidayat, mengatakan, secara nasional konsumsi tepung terigu terus meningkat. Hingga semester I tahun 2013 mencapai 2,6 juta metrik ton (mt) atau naik sekitar 1,08 persen dibanding periode yang sama tahun 2012. 

Sementara itu, pangsa pasar tepung terigu nasional yang dipasok dari industri dalam negeri sebesar 90 persen dan impor sekitar 10 persen. “Jumlah industri tepung terigu nasional saat ini mencapai 21 pabrik dan akan bertambah sekitar tiga pabrik lagi pada tahun ini, dengan total kapasitas giling gandum sekitar 8,1 juta ton per tahun,” tegas Menperin saat berkunjung di PT Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (24/7).

Hidayat menyampaikan, produksi tepung terigu nasional tahun 2010 sebesar 3,6 juta ton, tahun 2011 sebesar 4 juta ton, dan tahun 2012 mencapai 4,6 juta ton. Pasokan rata-rata tepung terigu setiap bulannya sekitar 400.000 -450.000 mt per bulan dan dapat meningkat 20 - 30 persen menjelang Lebaran. 

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan dalam menghadapi puasa dan lebaran tahun ini, produsen tepung terigu sudah menambah produksi sebesar 20 persen dari kebutuhan dibanding hari-hari biasa. Sehingga pasokan tepung terigu selama bulan puasa dan Lebaran cukup tersedia, aman dan diharapkan tidak terjadi gejolak harga di pasar.

Menperin juga memastikan stok minyak goreng tercukupi dan aman selama Ramadhan dan Idul Fitri 1434 H. Kepastian ini didapat setelah Menperin meninjau langsung gudang minyak goreng dan margarine PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk di Marunda, Bekasi.

Dari hasil kunjungan di pabrik Bogasari dan Sinar Mas tersebut menunjukkan bahwa pasokan bahan kebutuhan pokok khususnya tepung terigu dan minyak goreng di bulan Ramadhan dan Lebaran stoknya cukup banyak dan masyarakat tak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan pasokan. (*)

Editor: Dodo