Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Capai Target 6,3 Persen
Oleh : Redaksi
Senin | 22-07-2013 | 21:02 WIB
menkeu chatib basri.jpg Honda-Batam
Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri. (Foto: metrotvnews)

JAKARTA, batamtoday - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menegaskan bahwa Indonesia masih berpeluang mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen pada tahun ini.


Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang PS Brodjonegoro memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada paruh pertama tahun ini mencapai 6,1 persen. “Kuartal dua kami ambil optimisnya 6,1 persen. Kami upayakan 6,3 persen tahun ini. Kita setting tinggi supaya menggenjot itu (pertumbuhan ekonomi),” jelas Bambang, sebagaimana dilansir laman Kementerian Keuangan, Senin (22/7/2013). 

Pemerintah dapat menempuh beberapa upaya untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, antara lain dengan mempermudah izin investasi dan penyerapan anggaran di kementerian atau lembaga. “Inflasi juga harus dijaga sehingga konsumsi rumah tangga tidak menurun. Jadi masih bisa 6,3 persen, tapi harus extra-effort,” kata Plt. Kepala BKF.

Ia menambahkan, jika belanja modal pada semester kedua tahun ini dapat diserap secara maksimal, hal tersebut  akan berdampak positif pada arus investasi. “Belanja modal pemerintah larinya ke investasi,” kata Plt Kepala BKF. 

Selain itu, pertumbuhan juga akan ditopang oleh arus modal masuk, kredit perbankan, dan capital expenditure BUMN. “Proyek BUMN juga harus didorong agar semester dua terasa hasilnya,” ujarnya. (*)

editor: Dodo