Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

JCR Sebut Perekonomian Indonesia Stabil
Oleh : Redaksi
Senin | 22-07-2013 | 20:43 WIB

JAKARTA, batamtoday - Perekonomian Indonesia dinilai masih stabil. Lembaga pemeringkat Japan Credit Rating Agency, Ltd (JCR), Senin (22/7/2013) telah mempertahankan peringkat investasi Indonesia (sovereign credit rating) pada BBB-/stable outlook. 


Dalam siaran persnya, JCR menyampaikan tiga faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi tersebut. Pertama, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan didukung oleh permintaan domestik yang solid. Kedua, beban utang publik yang rendah sebagai hasil dari pengelolaan fiskal yang berhati-hati. Dan ketiga, ketahanan terhadap external shocks.

“Afirmasi peringkat tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia relatif stabil di tengah perlambatan perekonomian global yang disertai ketidakpastian yang tinggi," kata Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo dalam rilis Bank Indonesia.

“Momentum ini perlu dipertahankan melalui upaya yang terkoordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia sehingga perekonomian yang lebih sehat dapat tetap terjaga dan peningkatan peringkat kredit dapat tercapai,” imbuhnya.

Secara lebih rinci, analis JCR menyatakan bahwa Indonesia akan tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan kesinambungan fiskal pada tahun-tahun mendatang. Di sisi lain, Indonesia perlu memperhatikan defisit transaksi berjalan yang dialami neraca pembayaran belakangan ini. (*)

Editor: Dodo