Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4.000 Siswa Baru Tak Tertampung, Disdik Batam akan Bangun 70 RKB
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 22-07-2013 | 16:39 WIB

BATAM, batamtoday - Pemerintah Kota Batam akan membangun 70 ruang kelas baru (RKB) pada tahun ini karena kekurangan daya tampung. Pasalnya, sebanyak 4.000 calon siswa baru tak tertampung di sekolah negeri Batam dikarenakan banyaknya penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2013.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin, mengatakan, ruang kelas baru tersebut akan dibangun di sekolah negeri dan sekolah swasta. "Sebanyak 56 RKB itu untuk sekolah negeri dan 14 RKB sisanya untuk sekolah swasta. Namun, untuk sementara ini, Disdik akan memberlakukan dua shift pagi dan siang di sekolah-sekolah yang siswanya banyak, kecuali sekolah unggulan," ujar Muslim, Senin (22/07/2013).

Menurut Muslim, setengah di antaranya siswa itu sudah tertampung. Artinya, biasanya satu lokal hanya terisi 36 orang, kini menjadi 40 orang siswa.

Namun, pihak sekolah juga sudah menganjurkan kepada orang tua murid untuk mendaftarkan anaknya di sekolah lain. Contohnya sekolah yang minim pendaftaran siswa baru yaitu SMP Negri 35 Sagulung ada 6 lokal namun yang terisi hanya 4 lokal saja dikarenakan fasilitasnya kurang mendukung.

"Saya fokus ke sekolah yang berada di Batuaji dan Sagulung dikarenakan pendaftaran yang sangat minim," kata dia.

Menurut Muslim, dari 4.000 siswa yang tidak tertampung itu sebagiannya sudah ada yang masuk ke sekolah swasta dan ada juga masih berharap masuk ke sekolah negeri. "Disdik akan meratakan siswa di setiap sekolah. Seandainya siswa tersebut merata saya yakin siswa itu tertampung," pungkasnya. (*)

Editor: Dodo