Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daging Mahal, Harga Sembako di Batam Meroket
Oleh : Berton Siregar
Senin | 22-07-2013 | 15:05 WIB

BATAM, batamtoday - Harga barang kebutuhan pokok (sembako) kembali mulai naik di sejumlah pasar di Batam. Harga berbagai jenis mengalami kenaikan rata-rata dua ribu sampai tiga ribu rupiah per kilogram. Sementara harga daging sapi segar saat ini mencapai Rp120 ribu per kilogram.


Pantauan batamtoday di beberapa pasar basah di wilayah Batuaji dan Sagulung, semua jenis barang dan daging serta sayuran yang mengalami kenaikan rata-rata yang sama. Kenaikan yang paling menonjol untuk kebutuhan pokok adalah beras. Semua jenis beras saat ini sudah mulai naik rata-rata Rp2.000 sampai Rp3.000 per kilogram. Begitu juga semua jenis tepung terigu per karung ukuran 25 kg rata-rata naik Rp2.000 sampai Rp3.000.

"Telur ayam per ikat (isi 5 papan) naik  Rp7.000. Sebelumnya Rp150 ribu per ikat sekarang naik jadi Rp157 ribu per ikat. Telur bebek sebelumnya Rp65 ribu per ikat kini naik jajdi Rp70 ribu," ujar Suwardi, pemilik toko sembako di Pasar Fanindo, Batuaji.

Sementara untuk gula pasir lokal, kata Suwardi, masih stabil, yakni Rp7.000 per kilogram. Namun dalam pekan ini harga gula diperkirakan akan naik menjadi Rp8.000 per kilogram. "Karena harga baru per karung dari agen mulai naik," katanya.

Tobing, pedagang sayuran, juga menuturkan hal yang sama. Sepekan belakangan ini harga sayuran mulai naik drastis. Itu lantaran pasokan sayur dari luar Batam berkurang dan mulai naik harga.

"Semua jenis sayur juga naik sejak sepekan belakangan ini. Yang paling tinggi malah naik sayur bayam yang sebelumnya Rp6.000 per kg kini sudah sampai Rp10 ribu per kg," kata Tobing.

Sementara harga bawang merah Jawa, naik dari Rp38 ribu per kilogram jadi Rp50 ribu per kilogram.
"Harga cabai yang turun. Cabai keriting dan merah sebelumnya Rp40 ribu per kilogram turun jadi Rp38 ribu per kilogram. Yang naik malah tomat, sebelumnya Rp8.000 sekarang naik jadi Rp12 ribu per kilogram," ujar Siska pedagang di pasar Sagulung.


Daging Sapi Naik Jadi Rp120 Per Kilogram

Khusus untuk harga daging di pasaran saat ini memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama Ramadhan. Daging sapi segar sebelumnya Rp110 ribu per kilogram kini naik mencapai Rp120 ribu perkilogram.

Kenaikan ini menurut pedagang disebabkan karena meningkatnya permintaan pembeli dan pasokan daging yang mulai langka. "Susah dapat daging segar sekarang. Pasokan berkurang sementara permintaan pembeli banyak. Jadi, memang akan naik terus harganya," kata Jasmin, pedagang daging di Pasar Fanindo.

Sementara daging ayam buras sebelumnya Rp26 ribu jadi Rp30 ribu per kilogram, ayam pedaging sebelumnya Rp28 ribu kini naik jadi Rp33 ribu per kilogram. Daging sapi es sebelumnya Rp60 ribu kini naik jadi 60 ribu per kilogram.

Kenaikan ini cukup dikeluhkan warga khususnya ibu-ibu rumah tangga. Sehingga banyak warga yang beralih membeli ikan atau tahu dan tempe dibandingkan daging. "Ya bagaimana lagi? Sudah pada naik semua harga daging. Terpaksa beli tahu tempe dan ikan. Kalaupun beli daging paling setengah kilo saja, nggak mampu kalau beli banyak," kata Wati, salah satu ibu rumah tangga di Pasar Fanindo. (*)

Editor: Dodo