Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Sengketa di PT BH Marine Diamankan Polair Polda Kepri
Oleh : Berton Siregar
Senin | 22-07-2013 | 14:01 WIB

BATAM, batamtoday - Dua kapal sengketa yang sempat dirampas dari galangan PT BH Marine, Tongkang AMB Leonardus 02 dan TB Nusa Penida diamankan aparat Direktorat Polair Polda Kepri, Sabtu (20/7/2013) lalu.

Sumber batamtoday menyebutkan, dua kapal yang dirampas oleh ratusan massa tak dikenal pada Minggu (13/7/2013) lalu kini sudah disandarkan di dermaga markas Ditpolair Polda Kepri, Sekupang.

Sementara itu, saat batamtoday menghubungi manajemen PT BH Marine untuk mengonfirmasi hal ini memilih bungkam. Kondisi sangat kontradiktif seperti saat kasus ini menghangat.

Sebelumnya, dua dari tiga kapal tersebut diyakini Ben Tan telah dirampok dan bukan dicuri. "Mereka (massa tak dikenal) itu masuk dan menarik kapal dari sandaran dengan dipersanjatai senjata tajam dan dengan ratusan orang, itu perampok" ujarnya. 

Apalagi diketahui untuk menarik TK AMB Leonardus 02 perampok tersebut sebelumnya menyandera Tugboat kru Magulung 03 yang kebetulan sedang sandar tidak jauh dari TKP.

Bersama dengan Suwardi, kuasa hukum PT BH Marine, Ben Tan menyatakan akar permasalahan insiden tadi malam adalah utang piutang.

"Kedua kapal tersebut belum dibayar dan juga kapal yang diperbaiki juga belum dilunasi" katanya.

Akibat perampokan kapal tersebut, manajeme PT BH langsung melapor ke Polda Kepri pada Senin (157/2013) dengan no STPL /97/VII/2013 SPKT - Kepri, dengan pelapor Suhari yang juga kepala sekuriti.

Editor: Dodo