Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga Hari Ini, 8 Tahanan Rutan Baloi Belum Tertangkap
Oleh : Ali
Sabtu | 20-07-2013 | 13:25 WIB

BATAM, batamtoday - Hingga hari ini, Sabtu (20/7/2013), tim yang dibentuk Kapolda Kepri Brigjen Pol Endjang Sudradjat belum berhasil menangkap kembali 8 orang tahanan Rutan Baloi Kelas IIA, Batam yang berhasil kabur sejak Rabu (17/7/2013) pagi. 

"Hingga siang ini belum ada, tapi upaya pencarian masih terus kita lakukan," ujar ketua tim Direktur Narkoba Polda Kepri, Kombes Pol Agus Rohmat. 

Meski demikian, tambahnya, pihaknya masih terus memburu para tahanan yang berhasil kabur setelah melumpuhkan dua orang Sipir Rutan, di seluruh Kepri. Namun  Agus enggan berkomentar dugaan keberadaan masing-masing tahanan tersebut. 

"Yang pasti kita sudah terus melakukan pencarian dan kita terus imbau kepada seluruhnya agar segera menyerahkan diri. Kita juga minta kepada masyarakat yang mengetahui adanya orang-orang yang mencurigakan agar segera melapor," katanya kembali.

Sehubungan dengan pernyataan Kepala Rutan Batam yang menyebutkan bahwa Hendro Gunawan adalah otak dari aksi kaburnya 11 tahanan tersebut, Agus Rohmat menambahkan, yang bersangkutan merupakan mantan narapidana kasus pencurian di wilayah Polsek Batu Ampar dan hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Batu Ampar, Kompol Zainal Arifin. 

"Dulu dia ditangkap karena mencuri ponsel Blackberry di depan Gereja Imanuel Seraya pada tanggal 15 Oktober 2011 dan sempat menjalani hukuman penjara selama 4 tahun hingga akhirnya bebas pada tanggal 16 Februari 2012," terangnya.

Agus Rohmat menambahkan, Hendro Gunawan kembali masuk penjara setelah tertangkap basah mengedarkan ganja sebanyak 11 gram oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Barelang.

"Sebelum melarikan diri, yang bersangkutan sudah menjadi tahanan kejaksaan," terangnya.

Editor: Dodo