Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daya Tampung Rutan Baloi Lebih Kapasitas
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 17-07-2013 | 16:11 WIB
rutan-baloi.gif Honda-Batam
Rutan Klas IIA Baloi, Batam.

BATAM, batamtoday - Dari 31 tahanan narkoba yang menempati blok A1 hanya 12 tahanan yang kabur melarikan diri dari Rutan Baloi Klas II A Batam, Rabu (17/7/2013) sekitar pukul 7.00 WIB saat pergantian serah terima penjagaan.

"Pelaku sempat menyandera dan menganiaya petugas sebelum kabur melarikan diri," kata Direktur Bina Keamanan dan Ketertiban, Dirjen PAS Kemenkum HAM, Wibowo Joko Harjono dalam konferensi pers di Rutan Baloi.

Selain menganiaya petugas, lanjut Joko, para tahanan yang kabur merusak sejumlah fasilitas rutan seperti jendela dan teralis dengan besi penyangga tempat tidur.

"Satu petugas terpaksa mendapatkan perawatan di rumah sakit karena mengalami luka serius di kepala," ujarnya.

Disinggung tentang apakah ada rencana sebelumnya dari pelaku untuk kabur melarikan diri, Joko mengatakan belum bisa menjelaskan itu sebab masih menunggu pemeriksaan dari aparat kepolisian.

"Pengawasan dan penjagaan yang dilakukan sudah sesuai standar, namun kami tak menampik jumlah tahanan sudah over kapasitas," tegasnya.

Sesuai standar daya tampung di Rutan Baloi sebanyak 250 tahanan, namun saat ini di rutan harus menampung sebanyak 468 tahanan.

Sedangkan jumlah personil yang bertugas di Rutan Baloi tercatat sebanyak 62 petugas dan tak sebanding dengan jumlah tahanan yang ada.

Editor: Dodo