Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebaran, Pelni Batam Tak Tambah Armada
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 09-07-2013 | 15:25 WIB
TIKET_PELNI_BATAM.jpg Honda-Batam
Harga tiket KM Kelud tujuan Batam - Tanjungpriok dan Batam - Belawan.

BATAM, batamtoday - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) tidak akan menambah armada menjelang Lebaran nanti. Jika pada tahun lalu PT Pelni menambah satu kapal, tahun ini hanya menambah jam oprasional armada.

"Tidak ada penambahan kapal, kami hanya menambah jam operasional dengan cara mengurangi jadwal stay (lama singgah, red) kapal," kata Endi Wahyudin, Kepala Operasional PT Pelni Batam, Selasa (9/7/2013).

Dia mencontohkan, biasanya kapal KM Kelud itu stay di Pelabuhan Tanjungpriok dua sampai tiga hari, tapi menjelang Lebaran tidak diberlakukan lagi. Ketika sampai di Pelabuhan Tanjungpriok kapal harus segera menurunkan muatan, memuat penumpang, dan langsung berangkat lagi.

"Biar tidak ada penumpukan. Karena itu kami tidak menambah armada," jelasnya.

Terkait biaya, Endi menegaskan, sejauh ini belum ada kenaikan harga tiket kapal milik PT Pelni, terutama KM Kelud yang melayari Batam. Meskipun ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), namun operasional PT Pelni sudah disubsidi pemerintah.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari jasa calon dan membeli tiket langsung ke kantor Pelni yang terletak di Sekupang. "Kalau membeli lewat calon kan harganya lebih mahal," ujarnya. (*)