Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Daging Sapi di Batam Tembus Rp 85 Ribu
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 06-07-2013 | 11:52 WIB

BATAM, batamtoday - Beberapa hari menjelang bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok di Pasar Toss 3000 mengalami kenaikan. Seperti halnya daging sapi kini melonjak menjadi Rp 85 ribu per kilogram sebelumnya dihargai Rp 65 ribu per kilogramnya.

"Kemarin pas waktu BBM naik memang harganya sudah naik Rp 65 ribu per kilogram sekarang mau masuk puasa jadi Rp 85 ribu per kilogram," kata Anto, pedagang daging di Pasar Toss 3000, Sabtu (6/7/2013).

Sementara itu harga yang paling meningkat tajam terjadi pada cabai rawit yang semula dua hari sebelumnya masih dijual dengan harga Rp 38 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 52 ribu per kilogram

"Bahkan kemarin harga cabai rawit di sini mencapai Rp 60 ribu per kilogram" ujar Asmin salah seorang penjual sayuran di Pasar Jodoh.

Sementara itu untuk harga-harga yang lain juga ikut merangkak naik misalnya telur yang biasa dijual Rp 28 ribu per papan isi 20 butir sekarang menjadi Rp 35 ribu. Bawang merah sebelum kenaikan hanya Rp 20 ribu, saat ini mencapai Rp28 ribu per kilogram

"Sekarang semuanya serba mahal mau bikin sambel harus ngirit cabai," ujar Asmin sambil tersenyum.

Hal yang sama juga berlaku pada jenis sayur seperti jenis wortel dari Rp 8 ribu per menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Sementara harga daging ayam beku yang tidak naik meningkat tajam dari sebelumnya Rp 28 ribu menjadi Rp 33 ribu per kilogram.

Menurut Asmin mempertanyakan kenaikan harga namun ada juga yang tidak menanyakan karena rata-rata dari mereka sudah paham kalau menjelang puasa harga semua kebutuhan pokok pasti akan naik.

"Setelah kenaikan menjelang Ramadhan biasanya harga akan akan stabil setelah minggu pertama puasa satu minggu sebelum dan setelah lebaran harganya akan kembali naik pasalnya pasokan terhambat dan kadang barang terbatas," pungkasnya.

Editor: Dodo