Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Mata Tetangga, Johanes Dikenal Ringan Tangan
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 05-07-2013 | 17:34 WIB
jasad-desmon.jpg Honda-Batam
Jasad Desmon saat disemayamkan di RS BP Batam. (Foto: Irwan/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Desmon Lotter (16), warga Kampung Bukit Tanjung Riau, Sekupang yang tewas mengenaskan dengan sejumlah luka-luka di seluruh badanya ternyata sebelum tewas di tangan Johanes (48) ternyata kerap menjadi bulan-bulanan bapak kandungnya itu.

Menurut Ayu, pedagang warung nasi yang tak jauh dari lokasi kejadian tewasnya Desmon menjelaskan perlakuan Johanes yang ringan tangan kepada anaknya itu memang sering terjadi.

"Bahkan tidak ada permasalahan pasti anaknya yang dipukul dan pukulan itu bukan hanya pakai tangan kosong saja namun pakai benda tumpul seperti kayu atau rotan," kata Ayu, Jumat (5/7/2013).

Di mata warga setempat, Johanes perilakunya sangat tertutup. Walaupun ia bertetangga dengan warung yang beralamat Blok A3 No 39 RT 01 RW 06 Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Johanes jarang menyapa atau menegur.

Begitu juga dengan Desmon. Meski anak itu sangat tertutup, namun kepada warga setempat dia dinilai sangat baik dan dikenal ramah. Desmon juga dikenal suka menolong warga setempat.

"Saya tak kaget kalau Desmon sudah meninggal ketika dapat kabar pagi itu, gimana mau kaget perilaku bapaknya saja kaya orang gila," kata Ayu.

Hal yang sama juga disampaikan warga lainnya, Purwoko yang rumahnya persis di depan rumah Johanes. Menurutnya warga setempat tidak terlalu suka terhadap perilaku Johanes yang sering mengajak ribut dengan warga.

"Johanes sehari-hari menjual makanan atau menjual air bersih, air tersebut di ambil dari waduk yang terletak di depan rumahnya itu. Sebenarnya waduk tersebut milik pemerintah, namun warga yang akan mengambil air tersebut malah kena marah," kata Purwoko.

"Jangankan meminta air dari waduk itu warga yang tidak punya masalah sedikitpun sama dia diajak duel olehnya," tambah Purwoko.

Menurutnya ketika Desmon tewas, warga tidak ada yang menghiraukan hingga tidak ada warga setempat yang melayat.

Namun mengenai Desmon, Purwoko mengaku sangat tak menyangka jika anak itu harus tewas secara tragis.

"Anak itu baik, tak pernah mengganggu. Saya ragukan omongan bapaknya yang menyebut Desmon suka mencuri," kata Purwoko.

Seperti diberitakan, Desmon tewas mengenaskan setelah dihajar bapak kandungnya, Johannes dengan menggunakan sebatang kayu pada Kamis (4/7/2013) dini hari.

Kini jenazah Desmon telah dimakamkan di Pemakaman Sei Temiang usai diotopsi di RS BP Batam. Sementara, Johanes saat ini masih ditahan di Mapolsek Sekupang.

Editor: Dodo