Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PIP Siap Bantu Pembiayaan Infrastruktur Daerah
Oleh : Hendra Zaimi/Berton Siregar
Kamis | 04-07-2013 | 12:00 WIB
soritaon-siregar.jpg Honda-Batam
Kepala PIP, Soritaon Siregar. (Foto: Berton/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan badan investasi pemerintah yang memiliki peran dalam percepatan pembangunan ekonomi, terutama melalui pemberian pembiayaan infrastruktur untuk daerah.

Sektor infrastruktur yang menjadi target pembiayaan PIP adalah proyek infrastruktur dasar yang menjadi akses pertumbuhan sentral ekonomi di berbagai daerah, serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana.

"Pembiayaan dari PIP ini ditujukan untuk pembangunan infrastruktur daerah yang menjadi kebutuhan utama masyarakat di daerah," kata Kepala PIP, Soritaon Siregar kepada wartawan dalam acara Investment Gathering dan Workshop Pinjaman Daerah 2013, Kamis (4/7/2013).

Pembiayaan dari PIP yang telah disalurkan dalam investasi di sejumlah proyek yang manfaatnya dinikmati secara langsung oleh masyarakat, seperti pembangunan rumah sakit, jalan, listrik, pasar berbagai mitra dari pemerintah daerah, BUMN dan BUMD.

"Penyaluran investasi sejumlah proyek ini bertujuan agar dapat meningkatkan pelayanan, mendorong tumbuhnya ekonomi daerah dan meningkatkan koneksitas wilayah sehingga terdapat sentra-sentra ekonomi baru," jelasnya.

Adapun manfaat ekonomi dan sosial yang diperoleh dari pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh PIP mampu memberikan kontribusi bagi penerimaan asli daerah (PAD) dan mendorong perekonomian makro di daerah.

Untuk mensosialisasikan misi, peran dan tujuan tersebut, PIP menggelar Investment Gathering dan Workshop Pinjaman Daerah 2013 yang melibatkan pemerintah daerah, antara lain, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Workshop ini bertujuan untuk mendapatkan kesatuan pemahaman mengenai posisi strategis PIP dalam pertumbuhan infrastruktur di daerah. Selain itu menyampaikan tata cara dan proses serta pesyaratan yang harus dipenuhi daerah untuk mendapatkan fasilitas pinjaman daerah dari PIP.

Editor: Dodo