Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengurus FAM Wilayah Jawa Barat Terbentuk
Oleh : Surya
Rabu | 03-07-2013 | 12:14 WIB
KAA.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pengurus FAM Wilayah Jawa Barat di gedung Konferensi Asia Afrika(KAA) Bandung, usai kopi darat (kopdar) dan pembentukan pengurus FAM Jawa Barat.   

BANDUNG, batamtoday - Pengurus Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Wilayah Jawa Barat akhir pekan lalu, resmi terbentuk. Secara aklamasi, Dedi Saeful Anwar(Cianjur)terpilih menjadi ketua harian FAM Wilayah Jawa Barat.


Pemilihan pengurus FAM Wilayah Jawa Barat tersebut, berlangsung di Alun-Alun (Pelataran Masjid Raya Kota Bandung), dihadiri sejumlah FAMili—istilah sapaan untuk anggota FAM Indonesia. Dalam kegiatan itu disusun pula program kerja untuk kegiatan selama satu tahun ke depan.

Selain Ketua Harian, dipilih juga Wakil Ketua, yaitu Joy/Wiro (Bandung), Sekretaris Rr. Nina Kirana(Bandung), Bendahara De Minnie(Cianjur), Humas Ade Ubaidil(Cilegon, Banten), dan Litbang Nuryaman Emil Hamzah(Banten).

"Terhitung Juli 2013 hingga Juni 2014, kami akan melakukan sejumlah kegiatan yang telah disusun dalam program kerja pengurus," ujar Dedi Saeful Anwar, Ketua Harian Terpilih FAM Wilayah Jawa Barat dalam rilisnya, Rabu (3/7/2013). 

Beberapa program kerja pengurus FAM Wilayah Jawa Barat, jelas Dedi, di antaranya penerbitan Antologi Cerpen Parijs van Java (telah berakhir tanggal 30 Juni 2013), penerbitan Antologi Prosa Liris Ramadhan (dimulai  awal Juli 2013-September 2013), Penerbitan Antologi Flash True Story (FTS) tentang Muhasabah Diri dalam hari-hari Ramadhan, penerbitan Antologi Puisi dalam Bahasa Daerah yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia (dua bahasa), penerbitan Antologi Cerita Anak yang ditujukan sebagai bacaan sehat anak-anak Indonesia (khusus ditulis anak-anak), dan penerbitan Antologi Cerita Anak yang ditulis peserta usia SMA dan Umum.

"Di samping itu, secara rutin kami akan mengadakan pertemuan untuk menggerakkan kegiatan literasi di Bandung dan sekitarnya,” ujar Dedi didampingi Sekretaris Rr. Nina Kirana.

Sementara itu, FAM Wilayah Cabang Surabaya telah resmi mengantongi SK kepengurusan. Dalam SK yang dikeluarkan FAM Pusat tersebut, tertera Koordinator Cabang (Satria Nova), Ketua Harian (Yudha Prima), Sekretaris/Bendahara (Fitria Ayu Lintasari), Divisi Penelitian dan Pengembangan (Ken Hanggara, Reffi Dhinar Seftianti, Hanum Anggraini Azkawati), dan Divisi Divisi  Publikasi (Vivid Habib S, Rizka Andarosita).

Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia adalah komunitas kepenulisan nasional, berdiri pada tanggal 2 Maret 2012. FAM Indonesia berkantor pusat di Pare, Kediri, Propinsi Jawa Timur yang tujuannya menyebarkan semangat cinta (aishiteru) menulis di kalangan generasi muda, khususnya siswa sekolah dasar, SLTP, SLTA, mahasiswa, dan kalangan umum lainnya.

FAM Indonesia bertekad membina anak-anak bangsa untuk cinta menulis dan gemar membaca buku. Sebab, dua hal ini melatarbelakangi maju dan berkembangnya negara-negara di dunia lantaran rakyatnya suka membaca buku dan menulis karangan.  

Editor : Surya