Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tolak Kenaikan Harga BBM, Buruh FSPMI Gelar Demonstrasi Lagi
Oleh : Gokli/Berton Siregar
Jum'at | 21-06-2013 | 10:42 WIB
tolak-kenaikan-bbm-fspmi....jpg Honda-Batam

PKP Developer

(Foto: Berton/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) kembali mendemo Pemerintah untuk menolak kenaikan harga BBM. Tempat pertama yang dijadikan ajang demo yakni Gedung DPRD Batam, Jumat (21/6/2013) sekitar pukul 10.20 WIB.

Para buruh ini dengan lantang menyerukan penolakan harga kenaikan BBM yang akan menyengsarakan rakyat Indonesia, khususnya kaum buruh dan masyarakat miskin lainnya.

Informasi yang dihimpun di lokasi, aksi demo penolakan harga BBM oleh buruh FSPMI usai dari Gedung DPRD akan dilanjut ke seberangnya, yakni Kantor Wali Kota Batam.

Di Gedung DPRD Batam, seribuan buruh menyerukan penolakan kenaikan harga BBM. Dibumbui lagu Iwan Fals, orator buruh Suprapto menyerukan penolakan harga BBM.

"Harga BBM tidak bisa dinaikkan, DPRD Batam harus menyampaikan itu, jangan hanya tidur dan diam saja," ujarnya.

Adapun tuntutan para buruh ini menurut Suprapto ada tiga poin yaitu menolak kenaikan harga BBM yang berimbas kenaikan harga BBM yang sudah mulai naik, menolak BLSM yang akan dijadikan komiditas politik dan jalankan jaminan kesehatan bagi buruh secara nasional mulai 2014.

Jika kenaikan BBM tersebut masih dilakukan, maka pemerintah harus menaikkan UMK, UMP, " ini harga mati, kedua upah tersebut harus dinaikkan 50 persen" katanya.

Hingga berita ini diunggah, aksi tersebut masih berlangsung di bawah kepungan kabut asap dan pengawalan ketat aparat keamanan.

Editor: Dodo