Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Langkah Mudah Agar Bak Cuci Piring Tetap Bersih
Oleh : Dodo
Senin | 17-06-2013 | 11:39 WIB

BATAM - Jangan malas membersihkan bak cuci piring. Tempat ini menjadi sarang kuman yang paling besar di dapur. Karenanya, rajinlah membersihkannya tiap selesai digunakan. Agar bersih maksimal, lakukan beberapa cara mudah ini!

Idealnya, bak cuci piring jadi tempat yang harus selalu dijaga kehigienisannya. Namun seringkali tempat ini justru dibiarkan kotor dan jadi sarang kuman. Membersihkannyapun tak sulit, coba lakukan cara ini.

1. Bersihkan area bak cuci

Pastikan jika tak ada kotoran ataupun sisa makanan yang masih melekat di sekitar bak. Kemudian cucilah seluruh permukaannya menggunakan kain ataupun sikat dengan tambahan sabun. Langkah ini jadi cara termudah membersihkan bak cuci dan bisa dilakukan tiap kali selesai memasak.

2. Tuangkan air panas

Tuangkan air panas ke seluruh permukaan bak cuci piring yang telah dibersihkan. Langkah ini akan menghilangkan aroma tak enak dari sisa noda minyak di bak cuci. Rutinlah melakukan langkah kedua ini sekitar 2 hingga 3 kali seminggu.

3. Baking soda dan lemon

Campurkan 1 sdt baking soda dengan 60 ml air jeruk lemon. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh permukaan bak cuci piring. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, baru kemudian dibilas dengan menggunakan air panas.

4. Membersihkan saluran air


Untuk langkah ini, campurkan 120 ml baking soda, 60 ml air jeruk lemon dan kemudian tuangkan ke dalam saluran air. Setelah itu, tuangkan cuka sebanyak 120 ml ke dalamnya, dan dilanjutkan dengan memasukkan air panas. Cara ini bisa membersihkan noda yang sulit hilang. Cara ini bisa dilakukan satu minggu sekali.

Sumber: food.detik.com