Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gita Wirjawan Sambangi Dua Perusahaan Besar di Batam
Oleh : Gokli
Sabtu | 15-06-2013 | 16:23 WIB
gita-wirjawan.jpg Honda-Batam
Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan saat mengunjungi salah satu perusahaan di Batam.

BATAM, batamtoday - Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan menyambangi dua perusahaan besar di Batam. Kedua perusahaan tersebut yakni PT Citra Tubindo di daerah Kabil, Nongsa dan PT PT Asia Cocoa Indonesia di Kawasan Tunas Industri, Batam Kota.

Menurut Gita, kedua perusahaan itu menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dari beberapa perusahaan lain yang ada di Indonesia, khususnya di Batam sebagai kota industri.

Kedua perusahaan yang beroperasi di Batam, merupakan perusahaan pengimpor bahan baku dari luar. Namun, di tengah kenaikan impor bahan baku, ternyata kedua perusahaan ini dapat berkembang dan lebih maju dibanding perusahaan induknya.

"Bukan kunjungan khususnya untuk kedua perusahaan ini, karena waktunya saja yang terbatas, kita akan kembali melihat perkembangan di Batam," aku dia, ketika disinggung mengenai pengecualian kedua perusahaan itu, Sabtu (15/6/2013) siang.

PT Asia Cocoa Indonesia misalnya, satu-satunya industri coklat di Batam yang dapat berkembang tanpa ada lahan atau perkebunan coklat. Meski mendatangkan bahan baku dari luar, namun perusahaan ini lebih maju dibanding perusahaan induknya di Malaysia.

Gita juga menambahkan, sebelum mengunjungi kedua perusahaan itu dia menyempatkan diri untuk mengunjungi Pasar Botania, Batam Kota. Kunjungan ke pasar tersebut sebatas meninjau kenaikan harga bahan sembako di Batam.

"Saya juga sempat meninjau salah satu pasar. Kenaikan harga relatif normal, hanya saja beberapa komoditi mengalami kenaikan jelang Lebaran ini. Kenaikannya juga tidak terlalu signifikan, kok," jelasnya.

Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga itu, yakni daging sapi dari Rp 57 ribu menjadi Rp 60 ribu, telur, cabai merah, wortel dan kangkung. Rata-rata kenaikan harga di pasar tersebut yang ditinjau oleh Gita masih di kisaran Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu.

"Kalau jumlah kebutuhan meningkat, kuota impor akan ditambah, paling juga ini terjadi sampai bulan Ramadhan dan Lebaran," ujarnya.

Gita enggan berkomentar ketika disinggung kedatangannya ke Batam berkaitan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014. Informasi yang berkembang, Gita Wirjawan merupakan salah satu kandidat Capres yang diusung salah satu partai di Pemilu 2014.

"Jangan ke politik, saya ke sini masalah perdagangan," elaknya.

Editor: Dodo