Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rieke Ragu Denny Indrayana Bisa Selesaikan Kisruh TKI di Jeddah
Oleh : Surya Irawan
Kamis | 13-06-2013 | 19:26 WIB
Rieke-Diah-Pitaloka.jpg Honda-Batam
Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka.

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka, secara tegas mempertanyakan kapabilitas utusan pemerintah RI yang dikirim ke Arab Saudi, untuk menyelesaikan kisruh TKI yang terjadi di depan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Minggu (9/6/2013).

Beberapa hari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengutus Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana  mengatasi kisruh proses pengurusan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Namun, dalam pandangan Rieke, Wamenkumham itu kurang menguasai duduk perkara.

"Kenapa yang diutus ke sana Komisaris Jamsostek yang baru bersama Denny Indrayana? Kemudian apa target yang ingin dicapai, apakah menyelesaikan masalah dokumen atau melakukan langkah-langkah politis dan diplomatis," kata Rieke Diah Pitaloka dalam Dialektika Demokrasi di Ruang Wartawan DPR RI, Kamis (13/6/2013).

Menurut legislator dari Fraksi PDI Perjuangan itu, sosok Denny Indrayana memang memiliki kompetensi di bidang hukum. Tetapi, Rieke menyangsikan kemampuan Denny dalam menyelesaikan kisruh TKI di luar negeri.

"Hal itu dipertegas dengan adanya permintaan masukan dari saya dan Migrant Care. Bahkan, ada ungkapan kebingungan harus melakukan apa dalam upaya menyelesaikan permasalahan ini," ungkapnya, meragukan ada solusi yang diperoleh dari kehadiran tim tersebut.

Editor: Dodo