Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Lantik Brigjen Endjang Sudrajat sebagai Kapolda Kepri
Oleh : si
Rabu | 12-06-2013 | 12:40 WIB

JAKARTA, batamtoday - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo memimpin serah terima jabatan (sertijab) dan melantik sebelas kapolda baru, antara lain pergantian kapolda Kepulauan Riau (Kepri).



Kapolda Kepri lama Brigjen Pol Yotje Mende melakukan sertijab kepada Kapolda Kepri baru Brigjen Pol Endjang Sudrajat. Upacara sertijab berlangsung di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Dalam sambutanya, Kapolri mengatakan, memberantas korupsi harus menjadi tugas yang harus direncanakan polda, tentunya kerjasama dengan instansi terkait yaitu dengan kejaksaan dan KPK.

Berkaitan dengan masalah konflik sosial yang berkaitan dengan masalah pertambangan, perkebunan, semua masalah sosial, kata Kapolri, para kapolda harus kerjasama dengan instansi terkait. Intinya dari awal harus dirumuskan penyelesaiannya seperti apa, agar tidak ada masalah dan pelanggaran hukum.

Sedangkan terkait maraknya peredaran narkoba, yang hampir ke semua wilayah dan kabupaten seluruh Indonesia, menurut Timur,  menjadi tugas utama kapolda yang baru untuk melakukan penegakan hukum.

"Termasuk ancaman terorisme. Tetapi soal pembinaan SDM tetap harus dilakukan, karena sekaligus ujungnya pelaksanaan pemilu 2014 aman. Artinya di semua polda, semua SDM harus disiapkan dengan baik melalui pengembangan kompetensi, pelatihan, dan lain-lain," katanya.

Kapolri menambahkan,terkait upaya pemberantasan perjudian diberbagai daerah sudah dilakukan Polri. "Saya kira semua sudah diatasi, di Jabar, Riau, dan daerah lainnya semua sudah diatasi dan kita juga minta bantuan dari masyarakat untuk membantu," katanya.

Kesebelas Kapolda baru yang dilantik yaitu:
1. Kapolda Jawa Barat (Jabar), dari Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya kepada Irjen Pol Suhardi Alius.
Suhardi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Masyarakat Polri. Posisinya digantikan Brigjen Pol Ronny Frengky Sompie yang sebelumnya menjabat sebagai Karowassidik Bareskrim Polri. Sementara Tubagus menduduki jabatan baru sebagai Kadiv TI Polri.

2. Kapolda Jawa Timur (Jatim) yang ditempati Irjen Pol Unggung Cahyono menggantikan Irjen Pol Hadiatmoko. Sebelumnya Unggung menjabat Kepala Korps Brimob. Lalu posisinya digantikan Irjen Pol Rum Murikal yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol. Sedangkan Hadiatmoko dimutasi sebagai Perwira Tinggi Mabes Polri.

3. Kapolda Jawa Tengah, dari Irjen Pol Didiek Sutomo Triwidodo kepada Irjen Pol Dwi Priyatno yang sebelumnya Sahlisospol Kapolri. Selanjutnya Didiek menjabat sebagai Wakabaintelkam Mabes Polri.

4. Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), dari Irjen Mudji Waluyo kepada Irjen Pol Burhanuddin Andi yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Mudji selanjutnya menjabat Sahlisospol Kapolri.

5. Kapolda Sumatera Utara (Sumut), dari Irjen Pol Wisnu Amat Sastro kepada Irjen Pol Syarief Gunawan yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol, selanjutnya Wisnu menjadi Wakabaharkam Polri.

6. Kapolda Jambi dari Brigjen Pol Husen Karta Dipoera digantikan Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya yang sebelumnya Karorenmin Bareskrim.

7. Kapolda Riau dari Brigjen Pol Suedi Husen kepada Brigjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya Karobinops Sos Polri.

8. Kapolda Kepulauan Riau dari Brigjen Pol Yotje Mende kepada  Brigjen Pol Endjang Sudrajat yang sebelumnya Dirsosbud Baintelkam.  Selanjutnya Yotje menduduki jabatan baru sebagai Kasespimti Sespim Polri Lemdikpol.

9. Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Brigjen Pol Bachtiar Hasanuddin Tambunan kepada Brigjen Pol Djoko Mukti Haryono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.  Selanjutnya Bachtiar menjabat Inspektur I Inspektorat Badan Narkotika Nasional (BNN).

10. Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) dari Brigjen Pol Anas Yusuf kepada Brigjen Pol Dicky D Atotoy yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara (Sulut). Selanjutnya Anas menempati jabatan baru sebagai Wakabareskrim Polri.

11. Kapolda Sulawesi Utara dari Brigjen Pol Dicky Atotoy kepada Brigjen Robby Kaligis yang sebelumnya menjabat Irwil V Itwasum Polri.

Editor : Surya