Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Keju Mampu Atasi Gigi Berlubang
Oleh : Dodo
Sabtu | 08-06-2013 | 16:38 WIB

BATAM - Lupakan permen karet untuk menguatkan gigi. Studi terbaru menyatakan bahwa keju mampu bekerja mengurangi rongga yang terbentuk di gigi, karena menetralkan asam plak.

Produk fermentasi susu ini membantu mulut memproduksi lebih banyak alkalin yang mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan gigi.

Semakin tinggi kadar pH yang terbentuk dari alkalin, semakin gigi terlindungi dari erosi penyebab gigi berlubang. Studi yang dilakukan oleh Academy of General Dentistry di Amerika Serikat ini melibatkan 68 anak-anak berusia antara 12 hingga 15 tahun yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama diharuskan mengonsumsi keju dalam jumlah tertentu selama beberapa hari secara rutin. Sementara itu, kelompok lain mengonsumsi yogurt bebas gula dan segelas susu, diikuti dengan obat pencuci mulut.

Dilansir Daily Mail, hasil penelitian mengungkap, mereka yang mengonsumsi yogurt dan susu tidak mengalami perubahan tingkat pH. Namun, mereka yang mengonsumsi keju menunjukkan peningkatan pH yang signifikan.

Para peneliti juga percaya konsumsi keju dapat meningkatkan jumlah produksi saliva di mulut. Cara alami tubuh untuk meningkatkan level pH yang sehat. Tak hanya itu, keju mampu merilis kandungan bahan kimia yang membentuk lapisan gigi. Lapisan ini yang akan melindungi gigi dari asam.

Sumber: viva.co.id