Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaga Keamanan Laut, Bakorkamla Luncurkan KN Bintang Laut 4801
Oleh : Berton Siregar
Sabtu | 08-06-2013 | 13:36 WIB
palindo.jpg Honda-Batam
(Foto: Berton/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) meluncurkan KN Bintang Laut 4801, Sabtu (8/6/2013) di PT Palindo Marine, Sei Lekop, Sagulung. Kapal yang menelan biaya sebesar Rp 50 miliar ini diperuntukan untuk menjaga keamanan laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto mengatakan pembangunan kapal berasal dari APBN dan bantuan dari Pemerintah Australia dimana pengerjaannya dilakukan oleh anak bangsa.

"Pertama-tama saya sangat bangga dengan pembangunan kapal ini yang pembuatannya dilakukan oleh anak-anak bangsa," kata Suwarto.

Menurut jenderal bintang tiga ini, Bakorkamla akan meluncurkan sebanyak 3 unit kapal untuk digunakan pengawasan dan patroli keamanan laut NKRI.

"Selain KN Bintang Laut 4801, besok juga kami akan meluncurkan KN Singa Laut 4802, sedangkan satu kapal lain akan diluncurkan air tahun," terangnya.

Pembangunan kapal Bakorkamla merupakan proyek multiyears, dimana akan ada 6 unit kapal yang siap diluncurkan sampai tahun 2014 mendatang.

"Kapal ini juga akan dilengkapkan dengan senjara kaliber 12,7 mm dan 20 mm, sebab bukan kapal penghancur melainkan untuk menjaga keamanan," terangnya.

Masih kata Suwarto, KN Bintang Laut 4801 yang memiliki kecepatan 22 knot ini nantinya akan berisikan 36 crew yang berasal dari instansi yang tergabung dalam Bakorkamla.

"Kapal ini dilengkapi dengan Long Range kamera 20 KM, Isat satelit dan terhubung dengan 16 stasiun di pantai yang ada di nusantara serta dapat mendeteksi titik rawan pelaku illegal fishing," katanya mengakhiri.

Editor: Dodo