Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Djoko Santoso Siap Ramaikan Bursa Capres 2014
Oleh : si
Senin | 03-06-2013 | 15:51 WIB
Djoko_Santoso4.jpg.gif Honda-Batam

Djoko Santoso

JAKARTA, batamtoday - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso menyatakan siap menjadi calon presiden (capres) 2014 dan bersaing dengan kandidat lain. Ia mengaku, sudah ada beberapa parpol yang memiliki kursi di Senayan telah mendekatinya dan meminta untuk maju di Pilpres. 



Djoko pun akan mempertimbangkan keikutsertaannya di konvensi capres yang akan diadakan Partai Demokrat (PD). 

"Ya nanti akan saya pertimbangkan untuk konvensi itu. Konvensi Demokrat itu kan kebiasaan Demokrat yang baik, dengan membuka pintu capres dari mana saja," kata Djoko kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/6/2013)

Djoko mengaku menjaga hubungan baik dengan Partai Demokrat. Termasuk dengan Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Ya baik-baik saja, tapi belum ada pembicaraan khusus dengan Pak SBY," katanya.

Djoko menegaskan, siap menghadapi semua capers di 2014, termasuk Prabowo Subianto yang akan diusung Partai Gerindra. 

"Ya siap lah. Di medan tempur saja saya siap. Saya kan mantan prajurit.  Tapi ini bukan duel namanya. Kita kan sama-sama berjuang untuk Indonesia. Kaitannya berbangsa dan bernegara, bukan sekedar politik praktis," kata Djoko.

Djoko sampai saat ini belum memiliki parpol pengusung. Dia terus menjalin komunikasi dengan banyak parpol, dan sudah ada parpol di Senayan yang telah mendekatinya. "Kalau untuk komunikasi dengan partai mana kan rahasia, tidak boleh dibeberkan," tuturnya sembari tersenyum.

Djoko berharap mendapat dukungan rakyat dan partai, karena dirinya memiliki konsep yang jelas dalam membangun Indonesia pada situasi tantangan globalisasi. 

"Lah saya ini kan partai nggak punya. Jadi ya tergantung dukungan rakyat saja. Kalau ada dukungan dan ada partai yang bersedia ya saya maju. Sebagai orang Jawa kan lebih baik 'bisa rumangsa, ketimbang rumangsa bisa'," kata Mantan Panglima TNI ini.

Djoko pun bicara motivasinya hingga berani mencari tiket ke Pilpres 2014. Djoko telah membentuk ormas Gerakan Indonesia Adil, Sejahtera dan Aman (ASA) untuk merealisasikan mimpinya.

"Jadi saya sebagai mantan prajurit merasa berkewajiban membayar hutang sejarah kepada para pendiri bangsa. Tujuan bangsa ini kan menciptakan keadilan, persatuan, perdamaian. Ibarat Soekarno dengan Trisakti-nya, Soeharto dengan Trilogi-nya, nah saya merumuskan dengan ASA. Makanya saya mendirikan Indonesia ASA," pungkasnya.

Editor : Surya