PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengetahui Cara Kerja Airbag dan Pretensioner Force Limiter New Daihatsu Xenia
Oleh : Dodo
Jum'at | 31-05-2013 | 18:19 WIB
Xenia-Airbag.jpg honda-batam
(Foto: otomotifnet.com)

JAKARTA - Daihatsu kini sudah melengkapi Daihatsu Xenia dengan fitur safety yang mumpuni, dengan adanya airbags dan seatbelt dengan pretensioner force limiter. Nah, tentu kita ingin tau kan bagaimana cara kerjanya?

Perlu diketahui lebih dulu, sistem airbag mengembang ketika sensor mendeteksi adanya benturan. Tapi benturan seperti apa dan pada kecepatan berapa?

"Pada New Xenia, aribag baru akan mengembang saat bagian depan mobil mengalami benturan pada kecepatan diatas 25 km/jam. Dibawah itu, airbag tidak bekerja," terang Dea Fabriani, Product Planner ADM dikutip dari otomotifnet, Jumat (31/5/2013).

Letak sensornya di ruang mesin, ada dua buah, yakni di kiri dan kanan sassis ruang mesin. Sistem ini juga berhubungan dengan seatbelt di jok depan.

"0,02 detik airbag mengembang, seatbelt depan otomatis akan tertarik sebanyak 15 cm. Lalu 0,01 detik kemudian, seatbelt kembali mengendur sejauh 20 cm. Langkah ini guna meminimalkan tekanan dibagian dada akibat benturan yang terjadi," jelasnya. Inilah yang dinamakan pretensioner force limiter.

Tapi itu bila hanya bagian depan mobil yang membentur benda keras sehingga menciptakan gaya G-Force. Lantas bagaimana kalau mobil terbalik? atau benturan terjadi dari arah samping?

"Airbag tidak akan bekerja, karena benturan dibaca oleh sensor hanya dari bagian depan," tutup Dea.

Sumber: otomotifnet.com