Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Horee, Besok Ratusan Buruh PT Nissin Kembali Bekerja
Oleh : Berton Siregar
Kamis | 30-05-2013 | 17:16 WIB

BATAM, batamtoday - Aksi demo yang dilakukan ratusan karyawan PT Nissin Kogyo Batam yang terletak di kawasan Batamindo Mukakuning ini tidak lama lagi bisa bernafas lega. Pasalnya pihak manajemen perusahaan tersebut  menyuruh ke-31 pekerja yang sempat dirumahkan beberapa pekan oleh pihak manajemen untuk bekerja kembali setelah melakukan pertemuan secara live streaming.

Ratusan pekerja yang merupakan anggota PUK FSPMI PT Nissin Kogyo bisa dikatakan senang, setelah sejak Senin lalu, meminta pihak manajemen agar mempekerjakan kembali ke 31 karyawan yang merupakan pengurus PUK FSPMI PT Nisin Kogyo, "Kami merasa senang 31 karyawan bisa kembali lagi bekerja," ujar Madun, salah seorang karyawan PT Nissin Kogyo, Kamis (30/5/2013) siang.

Deni, ketua PUK FSPMI PT Nissin Kogyo, mengatakan aksi mogok ratusan karyawan seharusnya sudah kembali bekerja sejak Jumat (10/5/2013) lalu, namun dikarenakan ada kebijakan pihak manajemen yang dianggap karyawan tidak wajar yaitu sebanyak 31 karyawan  Nissin yang kebanyakan karyawan lama, diminta oleh pihak manajemen untuk mengundurkan diri, mereka melanjutkan aksi.

"31 orang yang dirumahkan merupakan pengurus PUK FSPMI semuanya, yang anehnya pihak manajemen malah menyarankan agar 31 orang tersebut untuk mengundurkan diri (Resign)," keluhnya.

Dengan adanya kebijakan manajemen yang sangat tidak masuk akal itu, ia mengatakan, akhirnya ratusan karyawan yang merupakan anggota FSPMI  Nissin melakukan aksi damai dengan cara duduk-duduk didalam gerbang perusahaan, sementara 31 karyawan yang akan di PHK melakukan aksi yang sama duduk-duduk namun berada diluar pagar perusahaan.

"Aksi karyawan yang didalam perusahaan ini dilakukan, sebagai dukungan moril, agar pihak manajemen mempertimbangkan keputusan terhadap 31 karyawan yang akan di PHK. Pasalnya 31 karyawan tersebut masih ingin bekerja seperti biasa," tegasnya.

Dengan adanya pertemuan langsung antara utusan beberapa karyawan dengan pihak manajemen PT Nissin Kogyo, Rabu (29/5/2013) lalu, menghasilkan sebuah kesepakatan yang sangat memuaskan karyawan PT Nissin, pasalnya pihak Owner meminta kembali untuk 31 karyawan yang dirumahkan untuk bekerja kembali.

"Mulai Jumat besok kita semua kembali bekerja normal, kita patut bersyukur, karena usaha kita selama ini tidak sia sia" ujarnya.

Editor: Dodo