Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lulus 100 Persen, Kepri Juara I Persentase Kelulusan UN SMK Se-Indonesia
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 27-05-2013 | 19:32 WIB
Gubernur-kepri-HM-Sani-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Provinsi Kepulauan Riau dan Sumatera Selatan menempati juara I persentase kelulusan siswa SMK alam ujian nasional (UN) 2013. Penjelasan tersebut disampaikan Kementerian Pendidikan RI kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dalam rilis pengumuman, pekan kemarin.

Atas prestasi itu, Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani mengaku bangga, dan meminta pada stakeholder pendidikan di Kepri agar terus meningkatkan kemampuaan dan predikat dalam mengejar angka kelulusan di masa yang akan datang.

"Kita juga sangat bangga atas prestasi anak-anak siswa SMK kita se-Kepri, yang masuk menjadi jauara I persentase kelulusan tertinggi se Indonesia, yang diumumkan Kementerian Pendidikan," tutur HM. Sani usai menghadiri Rapat Paripurna penyampaian LHP-BPK atas laporan keuangan APBD 2012 Pemerintah Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpiunang, Senin (27/5/2013).

Perolehan predikat persentase teratas persentase kelulusan UN di tingkat siswa SMK Kepri se-Indoensia itu, juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri M. Yatim Mustapa. Melalui Kabid Pendidikan Menengah, Atmadinata, Yatim mengatakan perolehaan predikat pertama baru diterima satu hari setelah pengumuman UN.

Dan menurut Atmadinata, hal ini juga sekaligus mengoreksi data Dinas Pendidikan yang sebelum-nya menuliskan ada 2 siswa SMK yang tidak lulus. "Yang benar, dari database yang masuk ke pusat, serta sekolah SMK di Kepri, hanya ada 5.847 jumlah siwa SMK, dan seluruhnya ternyata 100 persen lulus," katanya.

"Sebelumnya, ada 1 orang yang kita nyatakan tidak lulus, ternyata siswa yang bersangkutan sudah drop out hingga tidak mengikuti ujian nasional. Dan total data siswa SMK yang melaksanakan UN setelah perbaikan sebanyak 5.847 dan keseluruhanya dinyatakan lulus," tambahnya.

Ditanya apakah dinas pendidikan akan memberikan reward pada SMK yang dinyatakan lulus 100 ersen di Kepri ini, Atmaditanta mengatakamn hadiah yang akan diberikan melalui pengalokasian anggaran untuk pembelajaran dan perlengkapan alat praktikum sekolah di Kepri yang akan dialokasikan dari APBD Provini Kepri.

Editor: Dodo