Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Minta DPR Setujui Kenaikan BBM
Oleh : si
Senin | 13-05-2013 | 11:42 WIB

JAKARTA, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan rapat konsultasi dengan DPR. Presiden berharap, DPR menyetujui program kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang diajukan pemerintah. Presiden SBY dalam pengantar singkatnya mengatakan, bahwa forum tersebut hanya untuk memberi pemahaman kepada DPR.

"Tentu pertemuan ini tidak dirancang untuk sebuah pengambilan keputusan, karena ada mekanismenya sendiri yang diatur dalaam UU tata tertib. Oleh karena itu, pertemuan ini akan kita fokuskan untuk bersama-sama memahami permasalahan aktual, utamanya di bidang perekonomian," jelas Presiden di Kantor Presiden, Istana Neggara Jakarta, Senin (13/5/2013).

Presiden berharap, pertemuan ini memberi angin segar bagi keinginan pemerintah menaikkan harga BBM.

"Kemudian apa yang bisa dilakukana secara bersama-sama pemerintah dengan DPR untuk mengatasi sejumlah masalah perekenomian itu dan kemudian selebihnya kita alirkan sesuai dengan proses dan mekanisme yang telah diatur dalam UU yang berlaku," jelas Presiden.

Presiden juga sadar, ini adalah hari pertama DPR kembali beraktivitas, setelah reses satu bulan. Ia pun berharap, di paripurna persoalan ini dibahas.

"Saya juga menyadari bahwa hari ini pembukaan sidang paripurna pertama bagi DPR, Oleh karena itu, kita akan bicarakan permasalahan inti secara lebih cepat untuk kemudian ditindaklanjuti para menteri dan komisi yang terkait di tingkat dewan, agar upaya kita untuk mengatasi sejumlah permasaalahan ekonomi dapat kita laksanakan dengan baik," katanya.

Menko Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan, draft APBN Perubahan akan langsung diserahkan ke DPR setelah sidang pembukaan masa sidang DPR pada Senin (13/5/2013) ini, guna merealisasikan kenaikan harga BBM.

"Semua persiapannya termasuk draft rancangan UU sudah selesai dan sudah saya paraf," kata Hatta Radjasa.

Setelah ditanda tangani, akan langsung diserahkan ke DPR. Untuk kemudian dibahas bersama antar masing-masing komisi terkait dengan kementerian. "Segara akan disampaikan besok. Tentu masih paraf saya dan persiapannya sudah saya siapkan semua beserta tim," jelas Hatta

Editor: Surya