Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pangkalan Gas Tan A Kong Dapat Pasokan Dua Kali Per Hari dari Agen
Oleh : Gokli
Jum'at | 10-05-2013 | 16:01 WIB
pangkalan-akong-sidak.jpg Honda-Batam
(Foto: Gokli/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Tan A Kong alias A Kong, pemilik pangkalan gas elpiji bersubsidi di Ruko Center Park, Batam Center mendapat pasokan gas dua kali per hari dari Agen PT Amartha Anugrah Mandiri. Hal ini terjadi karena A Kong berani membeli di atas harga normal dari agen.

Jumat (10/5/2013) siang, Komisi II DPRD Batam melakukan sidak ke pangkalan tersebut. Ditemukan ratusan tabung gas 3 kilogram ditumpuk di dalam gudang bersama puluhan jeriken minyak tanah.

Karyawan pangkalan yang namanya tak mau disebut, pasokan gas yang mereka dapat dari agen setiap hari berjalan lancar. Bahkan, pengiriman bisa dilakukan dua atau tiga kali dengan pasokan seratus lebih tabung gas.

"Sekitar 90-100 tabung per sekali masuk. Kalau masalah harga bos (A Kong) yang tahu," kata dia.

A Kong yang dikonfirmasi wartawan mengakui terjadi kongkalikong harga dengan agen. Untuk satu tabung, A Kong membeli seharga Rp 15 ribu dan menjual kepada masyarakat seharga Rp 18 ribu.

"Saya harus ambil untunglah, belinya saja sudah Rp 15 ribu, masa saya jual lagi dengan harga yang sama. Makanya saya jual Rp 18 ribu," kata dia mengakui.

Dengan temuan itu, Ketua Komisi II DPRD Batam, Yudi Kurnain, segera menjadwalkan RDP. Pihak yang akan diundang Pertamina, Disperindag, semua agen dan pemilik pangkalan. RDP tersebut direncanakan pada Senin (13/5/2013) sekitar pukul 14.00 WIB di gedung DPRD Batam.

"Temuan sidak ini akan ditindak lanjuti. Dalam RDP nanti pertanggung jawaban Pertamina dan Disperindag akan kita tanyakan," kata dia.

Editor: Dodo