Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tunggakan KSPP PNPM Singkep Turun Drastis
Oleh : Juhari
Rabu | 08-05-2013 | 09:29 WIB

LINGGA, batamtoday - Tunggakan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (KSPP) yang disalurkan melalui PNPM-MPd Kecamatan Singkep turun drastis. Semula, dari kurun waktu 2011 hingga 2012, tunggakan yang terhitung mencapai Rp 206 juta, memasuki 2013 hanya tercatat Rp 120 juta.

Bahroni Engki, Fasilitator Kecamatan (FK) Singkep mengatakan penurunan angka tunggakan ini merupakan kerja keras semua Unit Pelaksana Kegiatan dan partisipasi warga dalam menekan tunggakan dengan cara tanggung renteng.

"Kunci sukses untuk penekanan tunggakan SPP bagi peminjam, kita harus selalu pro-aktif  mengadakan sosialisasi, pembinaan kepada tiap-tiap kelompok usaha, minimal dua kali dalam sebulan," kata dia, Rabu (8/5/2013).

Selain itu,   FK, FT, Kades dan Kelurahan juga mempunyai peran penting dalam penekanan tunggakan kelompok di desa dan kelurahan masing- masing, kata Bahroni

Sementara itu, Yunifa Ramawati, fasilitator teknik meminta kepada pihak kecamatan untuk lebih bersinergi dalam pengelolaan program PNPM-Desa dan Kelurahan dengan lebih mengedepankan transparasi dan akuntabilitas.

"Dengan komitmen tersebut, program PNPM di tingkat Desa dan Kelurahan benar-benar dapat diberdayakan hingga pengentasan kemiskinan dapat terwujud melalui program ini," kata dia.

Editor: Dodo