Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program MDG's Turunkan Angka Kematian Balita di Batam
Oleh : Ali
Sabtu | 04-05-2013 | 14:25 WIB
kadinkes_chandra_rizal.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal.

BATAM, batamtoday - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal menyampaikan adanya program Millenium Development Goal's (MDG's), Batam mengalami penurunan angka kematian balita.

"Alhamdulillah, untuk MDG's angka kematian balita sudah lebih rendah yakni 4/1000 untuk MDG's 2015," ujarnya kepada wartawan di sela-sela bakti sosial kesehatan khusus balita yang digelar Citra Tubindo bekerja sama dengan RSBK dan PMI Batam di Gedung Serba Guna Rusunawa Jamsostek, Kabil, Kecamatan Nongsa, Sabtu (4/5/2013).

Tambahnya, jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan angka kematian di kota-kota lainnya. Sedangkan untuk lavel nasional angka kematuian pada balita sebanyak 23/1000.

Kegiatan bakti sosial kesehatan yang bertema  "Balita sehat investasi batam layak anak" dibantu oleh relawan asal Singapura serta melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta PDGI.

Adanya kegiatan bakti sosial, menurut Chandra perlu terus digalakkan serta didukung juga dari berbagai lapisan masyarakat.

"Kegiatan ini sangat positif sekali dan patut kita apresiasi. Dan perlu terus digalakkan agar angka kematian dapat berkurang," katanya.

Dijelaskannya, MDG's merupakan kerangka kerja pembangunan yang telah disepakati seluruh anggota PBB, termasuk Indonesia. MDG's sendiri, mempunyai delapan sasaran yakni memberantas kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan tingkat dasar yang merata dan universal serta memajukan kesetaraan gender.

Selain itu MDG's juga bertujuan mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, menanggulangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lain, menjamin kelestarian lingkungan dan menjalin kerjasama global bagi perkembangan kesejahteraan.

Editor: Dodo