Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maju Jadi Caleg DPR, Aida Bisa Maksimal Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Kepri
Oleh : Surya Irawan
Rabu | 01-05-2013 | 15:12 WIB

JAKARTA, batamtoday - Anggota DPD Kepulauan Riau (Kepri) Aida Z Ismeth menjelaskan, alasan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR pada Pemilu 2014 adalah untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Kepri, karena perjuangannya di DPD RI tidak maksimal karena keterbatasan kewenangan.

"Jadi, meskipun Mahkamah Konstitusi (MK) telah meningkatkan kewenangan DPD dalam bidang legislasi dengan ikut serta dalam pembahasan rancangan undang-undang, tetap saja tidak akan maksimal karena dalam pengambilan keputusan, DPD tetap tidak dilibatkan," kata Aida kepada batamtoday di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Menurut Aida, aspirasi yang telah diperjuangkan sebagai Anggota DPD sudah sangat banyak, namun lagi-lagi banyak yang dimentahkan oleh DPR.

"Saya sudah dua periode jadi anggota DPD, tetapi setiap ada aspirasi kok ujung-ujungnya kita tidak bisa berbuat apa-apa. Itu karena kewenangan terbatas," katanya.

Atas dasar itu, pada Pemilu 2014 mendatang Aida memantapkan diri sebagai calon anggota DPR guna memperjuangkan aspirasi masyarakat Kepri agar terealisasi, karena memiliki  kewenangan dalam bidang legislasi, anggaran dan pengawasan. Aida mengungkapkan, sebenarnya seluruh peserta Pemilu 2014 menawari sebagai caleg anggota legislatif (caleg) dengan nomor urut-1 dari daerah pemilihan Kepri.

Namun, ia kemudian memutuskan untuk memilih Partai Demokrat dengan berbagai pertimbangan, dan tetapkan sebagai caleg DPR nomor urut-1 dari dapil Kepri.

"Kalau saya terpilih, saya akan perjuangkan pendidikan dan kesehatan di perbatasan. Saya akan pilih Komisi X," katanya.

Aida menilai kondisi masyarakat Kepri, terutama di perbatasan sangat menyedihkan, selain minimnya sarana pendidikan, fasilitas kesehatan juga kurang tersedia.

"Semiskin-miskinnya masyarakat di Jawa, masih bisa berpergian. Tetapi kalau di Kepri tidak bisa kemana-mana. Paling tidak dengan jadi anggota DPR, saya bisa ikut membahas dan memutuskan aspirasi masyarakat," katanya lagi.

Istri mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah ini mengaku masih terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Kepri melalui UKM. "Saya kalau UKM yang saya berdayakan terus berlanjut, dan membuat program-program unggulan. Dan saya berharap anak-anak di Kepri bisa sekolah semua," ungkapnya.

Editor: Surya