Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Lantik Tanribali Lamo sebagai Penjabat Gubernur Sulteng
Oleh : Surya Irawan
Kamis | 31-03-2011 | 13:19 WIB
tanribali.jpg Honda-Batam

Penjabat Gubernur Sulawesi Tengah yang juga Dirjen Kesbangpol Kemendagri Mayjen Purn TNI Achmad Tanribali Lamo

Jakarta, batamtoday - Mendagri Gamawan Fauzi melantik Tanribali Lamo sebagai penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) menggantikan jabatan Gubernur Sulawesi Tengah, HB Paliudju yang telah berakhir pada 24 Maret 2011 lalu.

Pelantikan Tanri dilakukan di Gedung Kemendagri, Jakarta pada Kamis (31/3) yang hadiri para kepala daerah se-Sulteng, DPRD dan pejabat di lingkungan Kemendagri. Tanri, yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri.

Sejak berakhirnya jabatan HB Paliudju sebagai Gubernur dan Achmad Yahya sebagai Wakil Gubernur Sulteng Periode 2006-2011 pada 24 Maret, roda pemerintahan di Sulteng sempat dipimpin oleh Sekda Sulteng Rasi Lamangkona sebagai pelaksana harian.

Namun, dengan menunjukkan Tanri sebagai Pj gubernur Sulteng berdasarkan Kepres Nomor 17/P/2011 tertanggal 23 Maret 2011. Pria kelahiran Watampone 1952 berpangkat Mayor Jenderal (Purn) itu juga pernah menjadi Pj gubernur Sulsel. Pengalaman itu punya yang menjadi dasar penunjukan Tanri sebagai pj gubernur Sulteng.

Gamawan mengatakan, sebenarnya dia mengusulkan tiga calon pj gubernur Sulteng ke presiden.  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih pria asal Bugis itu. "Barangkali karena Pak Tanri sudah pernah menjadi penjabat gubernur Sulsel," kata Gamawan.

Dalam kata sambutannya, Gamawan menegaskan, Tanri memiliki tugas untuk memfasilitasi penyelenggaraan Pemilkada Gubernur Sulteng pada 2011 ini, yang tahapan prosesnya sudah berjalan.  

"Tentunya, sebagai penjabat gubernur, bisa menjadi figur yang netral, menjaga kondisi tetap kondusif. Menghormati yang terpilih, karena pengakuan itu sangat penting untuk menjaga efektif pemerintahan 5 tahun kedepan," katanya.