Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil EKPPD Tahun 2012 pada Peringtan Otda ke-17

Jatim, Tuban dan Tangerang Terbaik dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
Oleh : Surya Irawan
Kamis | 25-04-2013 | 14:36 WIB
minister-gamawan-fauzi.jpg Honda-Batam

Mendagri Gamawan Fauzi

JAKARTA, batamtoday - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memberikan penghargaan terhadap tiga provinsi, 10 kabupaten dan 10 yang meraih tertinggi dalam pemeringkatan Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2012 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


Ketiga provinsi yang meraih peringkat tertinggi diduduki Provinsi Jawa Timur, disusul Jawa Tengah dan Sulawesi selatan.

Sedangkan 10 kabupaten peringkat tertinggi, yakni Kabupaten Tuban, Tulungangagung, Jombang, Pacitan, Purbalingga, Semarang, Engrekang, Sleman, Jepara dan Humbang Hasundutan.

Sementara 10 kota peringkat tertinggi adalah Kota Tangerang, Madiun, Yogyakarta, Depok, Medan, Cimahi, Surakarta, Mojokerto, Tegal, Sawahlunto.

Pemeringkatan tiga provinsi, 10 kabupaten dan 10 kota itu merupakan hasil EKKPD Tahun 2012 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) selama 2010 dan 2011.

Mendagri Gamawan Fauzi, pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi pemerintah atas segala upaya dan daya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menjadi yang terbaik di negeri ini. Tujuannya, agar terwujud prinsip prinsip otonomi daerah yang lebih mandiri, maju, dan sejahtera dalam kerangka NKRI.

"Saya ucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada gubernur dan bupati walikota yang terpilih menjadi terbaik. Pertahankan prestasi ini untuk terus menjadi yang terbaik dan contoh daerah lain. Biarlah masyarakat yang nantinya menilai dan membuktikan prestasi ini," tegasnya.

Ia berharap, dengan penghargaan prestasi yang diberikan akan dapat memacu pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk menjadi terbaik dalam mencapai tujuan demokrasi dan kesejahteraan. "Bapak Presiden berulangkali mengatakan bahwa pemberdayaan prinsip prinsip otonomi daerah harus terus dilakukan agar bangsa menjadi maju dan sejahtera," ujarnya.

Saat ini, terdapat 34 provinsi, 409 kabupaten dan 93 kota dengan berbagai karakteristiknya. Atas dasar itu, maka kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah telah menjadi konsensus pendiri bangsa untuk mengelola NKRI.

Pada kesempatan itu, Mendagri juga memberikan penghargaan Satya Lencana Bhakti Praja Nugraha kepada 22 bupati/walikota. Jawa Timur ada empat bupati/walikota antara lain Bupati Jombang, Bupati Bojonegoro, Walikota Probolinggo, dan Walikota Mojokerto.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-17 Tahun 2013 Mengambil tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Daerah untuk Percepatan Kesejahteraan Masyarakat". 

Editor : Surya