Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muncul Nama Alias Wello, Nyat Kadir, Aida Ismeth dan Asman Abnur

Perebutan Kursi Dapil Kepri pada Pemilu 2014 Bakal Memanas
Oleh : Surya Irawan
Rabu | 24-04-2013 | 20:53 WIB

JAKARTA, batamtoday - Pertarungan Pemilu 2014 dari daerah pemilihan (dapil) Kepulauan Riau yang memperebutkan tiga kursi kursi di Senayan ,dipastikan bakal memanas dengan munculnya nama-nama baru seperti Alias Wello, Nyat Kadir, Aida Zulaika Nasution Ismeth dan Asman Abnur.

Tiga kursi di DPR yang kini duduki Harry Azhar Azis (Partai Golkar), Nani Sulistyani Herawaty (Partai Demokrat) dan Herlini Amran (PKS) hasil Pemilu 2009 lalu, bisa saja beralih ke muka-muka baru karena memiliki basis massa tersendiri.

Dalam daftar caleg sementara (DCS) yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Nasdem misalnya yang memiliki nomor urut 1 ini, menempatkan Alias Wello (mantan Ketua DPRD Lingga), Nyat Kadir (mantan Walikota Batam) dan Horyani Dewanto Hutagalung untuk dapil Kepri.

Sedangkan PKB menempatkan Moh Abduh, Budi Priatno dan Shirny, sementara PKS untuk dapil Kepri menempatkan caleg incumbent Herlini Amran (anggota Komisi X DPR), Muhammad Sadar (anggota DPRD Kepri) dan Aris Hardy Halim (anggota DPRD Batam).

PDIP yang pada Pemilu 2009 lalu kehilangan kursinya di DPR bertekad merebut kembali seperti pada Pemilu 2004 lalu, yang berhasil mendudukkan Jaka Aryadipa Singgih. Pada Pemilu 2014 ini untuk dapil Kepri, PDIP menempatkan Dwi Ria Latifa (mantan Anggota DPR asal Karimun), Bismarck Panjaitan dan Elyas Wynand.

Partai Golkar tetap mempercayakan Harry Azhar Azis (Wakil Ketua Komisi XI DPR) yang telah duduk sebagai anggota DPR selama dua periode bersama Sudirman Almon (mantan Sekjen BP3KR) dan Ellena F Manambe (mantan anggota DPRD Karimun).

Kemudian Partai Gerindra menempatkan artis Hermalia Putri, Endang Abdullah dan Jamer Sidin Purba. 

Partai Demokrat yang pada Pemilu 2009 lalu mendapatkan satu kursi, menempatkan anggota DPD RI yang juga istri mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, Aida Zulaika Nasution Ismeth pada urutan pertama menggeser Nani Sulistyani Herawaty (anggota Komisi IV DPR) pada urutan kedua, Ai Suryani pada urutan ketiga.

PAN bertekad kembali merebut kursi yang didapatkannya pada Pemilu 2004 lalu, dengan menempatkan Asman Abnur (mantan wakil walikota Batam) ke dapil Kepri melenggang ke Senayan. Namun pada Pemilu 2009 lalu, PAN kehilangan kursi karena Asman Abnur pindah dapil ke Riau. Di Riau sendiri mantan Bendahara Umum PAN yang kini menjadi Ketua bidang Ekonomi DPP PAN ini juga berhasil meraih kursi dari Dapil Riau. Untuk merebut kursi tersebut, Asman akan didampingi Siti Sarwindah dan Zufri Taufiq.

Partai lainnya, PPP untuk dapil Kepri Dayat Hidayat, Hasnidar Hasnan dan Inariah Coty. Hanura menempatkan Andi Kusuma, Edeng Rahmat dan Asmarani. PBB menempatkan Adlan Adonis, Muhammad Zulliansyah dan Nurbaiti Usman Siam. PKPI menempatkan Eddy Novian (Ketua LSM Klimak), Harlas Buana dan Arta Brada.
 
Editor : Surya