Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rekrutmen Panwascam Harus Independen
Oleh : Arjo
Rabu | 24-04-2013 | 18:42 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Hingga saat ini Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bintan sudah melakukan proses rekrutmen anggota Panwaslu tingkat kecamatan atau Panwascam. Pendaftaran calon anggota Panwascam sendiri sudah dimulai sejak 20 April 2013 lalu.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bintan, Dedi Sulistyo, kepada batamtoday, Rabu (24/4/2013).

"Agenda Panwaslu Bintan yang saat ini sedang berjalan adalah melakukan perekrutan anggota Panwaslu tingkat kecamatan (Panwascam) yang ada di Bintan, pendaftaran Panwascam sudah dimulai sejak (20-27/4/2013)," ujarnya.

Lebih jauh Dedi menyampaikan, walaupun sampai sejuah ini anggaran untuk perekrutan anggota Panwascam belum turun dari Bawaslu, namun untuk kelengakapan dalam pengawasan tahapan Pemilu 2014 Panawaslu Bintan sudah melakukan perekrutan.

"Untuk memperluas pengawasan, makanya walau dana belum turun kita sudah lakukan pendaftaran dan seleksi," katanya.

Sementara itu Moch Idha, tokoh pemuda Bintan, kepada batamtoday menyampaikan terkait dengan dimulainya perekrutan anggota Panwaslu tingkat kecamatan, sangat diharapkan Panwaslu Bintan benar-benar melakukan seleksi sesuai dengan kebutuhan, terutama harus dilihat dari latar belakang dan segi ke-independenan calon anggota.

"Jangan sampai hanya karena faktor kedekatan atau titipan, karena akibatnya nanti tidak baik dan anggota tersbeut tidka akan bsia bekerja maksimal," ujarnya.

"Bukan tidak mungkin kader partai akan masuk ke Panwaslu, agar bisa mengamankan partai atau caleg yang didukungnya. Jangan sampai, setelah ditetapkan jadi anggota Panwaslu ternyata, masih menjadi anggota partai atau lainnya yang berakibat tidak bsia independen," tambahnya.

Editor: Dodo