Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Seni Rupa Minta Kepedulian Pemerintah Batam
Oleh : Gokli
Selasa | 23-04-2013 | 17:17 WIB
sugeng-seniman.jpg Honda-Batam
Sugeng saat mampir di emperan Gedung DPRD Batam belum lama ini.

BATAM, batamtoday - Sugeng Wahyudi, salah seorang pelaku seni rupa di Batam mengaku kurang diperhatikan oleh Pemerintah Batam. Padahal, karya seni rupa bisa saja diberdayakan untuk menarik minat para wisatawan manca negara datang ke kota ini.

"Memang kebudayaan termasuk seni tari sudah mulai diperhatikan, tetapi seni rupa serasa dilupakan dan tak diperhatikan oleh Pemerintah di Batam," kata dia, saat berteduh di emperan gedung DPRD Batam, belum lama ini.

Sugeng mengatakan, karya seni rupa yang digelutinya saat ini tak kalah bagus dengan karya seni rupa di kota lain. Maklum, baru yang pertama di Batam, sehingga perhatian dan nama dia belum dikenal banyak orang, khusunya warga Batam.

Tinggal di Perumahan Puri Selebritis Blok B2/56, Sugeng mendirikan sanggar lukis yang sudah ditekuninya sejak tahun 2000 silam. Beberapa karya lukisan tangan Sugeng sudah banyak dimiliki oleh para turis yang datang berkunjung ke Batam.

Tanpa bantuan dari pihak mana pun, karya lukisan dia itu dikenal oleh beberapa turis secara kebetulan yang melihat atau menjumpainya sedang berkeliling menawarkan jasa lukis dengan sepeda ontelnya.

Memang tak banyak yang dia harapkan, akan tetapi perhatian dari pemerintah sangatlah dibutuhkan dalam mengembangkan seni tupa di kota Batam. Untuk itu, Sugeng berkeinginan membuat suatu wadah untuk para pecinta seni  yang nantinya dapat memperkenalkan Batam kepada wisatawan luar negeri.

"Saya melihat sentuhan seni masih sangat kurang di Batam, padahal selaku kota wisata nomor tiga di Indonesia, seharusnya kaya akan seni," ujarnya.

Editor: Dodo