Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hingga Hari ke-10 Sudah 300 Bacaleg di Karimun Ikuti Pemeriksaan Kesehatan
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 18-04-2013 | 16:12 WIB

KARIMUN, batamtoday - Sejak dibukanya layanan pemeriksaan kesehatan, bakal  calon legislatif (Bacaleg) DPRD Karimun pada 8 April 2013 lalu, sampai hari ini sudah 270 hingga 300 bacaleg, yang telah melakukan pemeriksaan kesehatannya.

Kepada batamtoday, Kepala Pelayanan dan Promosi RSUD Karimun, Siti Bakdiah, Kamis (18/4/2013) menjelaskan bahwa kapasitas maksimal pemohon, yang diberikan RSUD perharinya yakni sebanyak 30 bacaleg saja.

"Kalau hari Jumat, kami hanya menampung 15 orang bacaleg," terangnya.

Kendati demikian, sampai hari ke-10 ini, sudah 270 hingga 300 bacaleg, yang telah melakukan pemeriksaan kesehatannya. Sedangkan hasil tes tersebut, dapat diperoleh bacaleg tadi setelah 3 hari kemudian.

"Awalnya kami diberitahu tgl 22 April 2013 ini batas akhir pendaftaran tes kesehatannya, namun diperpanjang sampai tanggal 24 April 2013 mendatang. Mengenai biayanya dikenakan sebesar Rp 840 ribu," terangnya.

Dari jumlah biaya yang telah dikeluarkan bacaleg tadi, maka 3 hari berikutnya para bacaleg akan mendapatkan 3 lembar surat keterangan dokter. Diantaranya Surat Keterangan Jasmani. Kemudian Surat Keterangan Rohani dan terakhir Surat Keterangan Bebas Narkoba.

"Sejauh ini, seluruh bacaleg yang telah mengikuti tes, dinyatakan sehat. Dan kami menjamin tidak terjadi kebocoran, sebab telah ditangani dokter, yang bekerja dibawah sumpah," tukasnya

Bahkan, katanya lagi, harus bacaleg yang bersangkutan yang mengikuti proses pemeriksaan kesehatannya, tanpa bisa diwakilkan siapapun. Dan lagi, bacaleg tersebut harus mengikuti semua ketentuan yang telah ditetapkan.

"Kalau hasilnya, bisa diwakilkan pengambilannya dengan membawa KTP dan bukti kepemilikan bacaleg tersebut," terangnya mengakhiri

Editor: Dodo