Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ingin Tahu Kerjaan Dewan, Pelajar SMAN 15 Batam Kunjungi DPRD
Oleh : Gokli
Rabu | 17-04-2013 | 12:25 WIB
kunjungan-sma-15.jpg Honda-Batam
Kabag Humas dan Protokol DPRD Batam, Tajuddin menenrima kunjungan siswa SMA Negeri 15.

BATAM, batamtoday - Sekelompok pelajar dari SMAN 15 Batam yang terdiri dari tujuh orang siswa berkunjung ke gedung DPRD Batam. Para pelajar ini ingin mengetahui kinerja para wakil rakyat Batam, Rabu (17/4/2013).

Pelajar yang masih duduk di bangku kelas X SMAN 15 Batam tersebut dijamu langsung oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Marzuki, serta Kabag Humas dan Protokol DPRD Batam, Tajuddin. Sekelompok pelajar tersebut mendapat penjelasan dan pencerahan seputar kinerja anggota DPRD Batam.

Ek Putra, ketua kelompok pelajar tersebut, mengatakan selain tertarik mengetahui seputar kinerja anggota DPRD Batam, kunjungan itu juga bagian dari pada tugas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang saat ini sedang mereka pelajari di sekolah.

Adapun tugas maupun fungsi anggota DPRD Batam, menurut Putra, akan dipresentasikan kepada rekan-rekannya dalam bentuk makalah yang sudah disusun setelah wawancara dengan Kabag Humas dan Protokol DPRD Batam.

"Satu hal yang membuat kami tertarik, jam kerja anggota DPRD berbeda dengan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS),"kata dia.

Selain itu, kata Putra, anggota DPRD dinilai sangat tinggi. Seperti, dapat membuat peraturan daerah dan dapat juga merevisi.

Para pelajar itu juga ingin mengetahui sejauh mana para anggota DPRD tersebut dapat menyerap aspirasi mayarakat dan menyampaikannya kepada pemerintah.

"Kami ingin tahu bagaimana anggota DPRD ini memperjuangkan aspirasi masyarakat, dan apa saja yang sudah diperbuat," ungkap dia.

Sementara itu, Tajuddin mengatakan kunjungan yang dilakukan para pelajar ini dinilai sangat bagus. Sebab, selain mendapat pendidikan di lingkungan sekolah, siswa didik juga perlu mendapat pelajaran dari lingkungan luar.

Hal ini, kata Tajuddin, dapat menambah pengalaman dan wawasan siswa atau pelajar sejak dini. Pasalnya masih banyak hal lain yang perlu diketahui dari luar pendidikan sekolah.

"Pengalaman adalah pengetahuan yang sangat berharga. Selain menambah wawasan, para pelajar ini dapat mengaplikasikan langsung pelajaran yang diterima dari sekolah," tutur dia, usai memberikan pemahaman dan penjelasan kepada sekolompok siswa tersebut.

Diakuinya, selama tahun 2013, DPRD Batam sudah dikunjungi lebih dari 10 pelajar dari sekolah yang berbeda, mulai dari tingkat TK sampai mahasiswa. Kunjungan para pelajar itu, selalu diterima dan disambut baik di DPRD Batam.

"Selagi itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan pelajar di Batam, kita tetap menerima dan menyambut baik,"tegasnya.

Editor: Dodo