Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurangi Pengeluaran APBD untuk Belanja Pegawai

Pemerintah akan Batasi Penerimaan Pegawai di Tiga Sektor
Oleh : si
Senin | 15-04-2013 | 18:17 WIB

BOGOR, batamtoday - Pemerintah sedang mencari terobosan guna menggurangi tingginya pengeluaran APBD untuk belanja pegawai yang terus mengalami peningkatan yang siginifikan, akibat pemerintah daerah seenaknya dalam melakukan perekrutan pegawai.


Salah satunya lewat pembatasan dan pengetatan penerimaan pegawai di sektor penyerap terbesar pegawai yakni kesehatan, pendidikan dan pemerintahan.

Dirjen Pemerintahan Umum (Dirjen PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) I Made Suwandi mengemukakan pemerintah mencoba menawarkan tiga ratio. Pertama, perbandingan antara jumlah guru yang dibutuhkan dengan jumlah murid yang ada.

“Perbandingan kedua yaitu antara jumlah tenaga medis dengan jumlah masyarakat dan perbandingan tenaga administrasi dengan masyarakat. Namun dalam menentukan ratio ini faktor geografis tetap akan dipehatikan,” kata Made di Bogor kemarin.

Dia menjelaskan, dengan konsep itu maka ke depan akan diketahui secara pasti berapa sebenarnya jumlah pegawai yang dibutuhkan. “Jadi pegawai honor-honoran akan hilang dengan sendiri,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, jika model pengetatan pegawai ini dilakukan, maka Pemda tidak lagi seenaknya melakukan perekrutan. Apalagi latar belakang pendidikan juga harus disesuaikan dengan posisi divisi yang membutuhkan.

Usulan itu telah dimasukkan dalam poin usulan Rancangan Undang-Undang Pemerintahan Daerah (RUU Pemda) yang saat ini masih dibahas pemerintah dan DPR.

Sebelumnya, Mendagri Gamawan Fauzi, menyatakan saat ini terdapat 259 daerah yang menghabiskan 50-73 persen APBD untuk belannja pegawai. Akibatnya pembangunan di sejumlah daerah berjalan dengan sangat lamban.
Sumber:Suara Pembaruan via Berita Satu

Bagi calon pelamar CPNS 2013 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2013 nanti. Karena seperti tahun 2012 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2013 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.

Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Editor : Surya