Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Monolog Inggit Garnasih Dipentaskan di Kampus UI Depok
Oleh : rilis
Sabtu | 13-04-2013 | 14:05 WIB

JAKARTA, batamtoday -- Kabar gembira untuk para penikmat seni teater dan sejarah di Indonesia datang dari lingkungan kampus Universitas Indonesia (UI) Depok. Kelompok teater mahasiswa, Klub Teater Masalalu UI dan Studi Klub Sejarah UI akan mengadakan pementasan 'Monolog Inggit Garnasih' pada hari Sabtu-Minggu (13-14/4/2013) di Auditorium Gedung IX FIB UI.

Pementasan monolog yang akan berlangsung selama 2 jam ini akan dimainkan oleh Happy Salma, yang berperan sebagai Inggit Garnasih. Selain pementasan monolog, dalam acara ini juga akan diadakan diskusi santai dengan pembicara Peter Kasenda (Pengarang buku “Soekarno Muda” ), Rocky Gerung, dan Linda Sunarti (Sejarawan).

Diskusi ini sendiri diadakan sehari sebelum pementasan, yaitu pada Jumat, 12 April 2013 yang juga bertempat di Auditorium Gedung IX FIB UI.

"Pementasan 'Monolog Inggit Garnasih' ini bertujuan untuk mengenalkan sosok Inggit Garnasih yang merupakan istri kedua Soekarno, ke masyarakat luas," ujar Aras Bakasdo, ketua panitia pelaksana, dalam rilis yang diterima batamtoday, Sabtu (13/4/2013).

Pementasan monolog ini, lanjutnya, sesuai dengan visi dan misi dari Klub Teater Masalalu UI yang ingin menjadikan pengemasan sejarah tidak lagi membosankan, namun berbentuk lebih populer.

Bakasdo juga menjelaskan, pementasan Monolog Inggit Garnasih yang disutradarai oleh Yayan Sofyan dan ditulis oleh Ahda Imran ini, sebelumnya pernah dipentaskan di Teater Komunitas Salihara dan Sekolah Tinggi Seni Indonesia di Bandung dengan judul 'Monolog Inggit'.

"Namun untuk pementasan kali ini, panitia memberikan nama pementasan 'Monolog Inggit Garnasih'. Untuk pemesanan tiket, panitia membuat dua jalur, yaitu online (via twitter @teaterMASALALU) atau datang langsung ke kampus FIB UI Depok," ujarnya.

Panitia memberikan harga Rp 50 ribu untuk mahasiswa dengan waktu pementasan pada tanggal 13 April 2013. Sedangkan untuk umum, panitia memberikan kesempatan menonton pada hari Minggu, 14 April 2013 dengan harga tiket Rp 100 ribu.

Bagaimana, sudah memutuskan untuk menyaksikan Monolog Inggit Garnasih?

Artis kawakan Happy Salma kembali memerankan sosok istri kedua dari Bung Karno, Inggit Garnasih dalam sebuah pementasan monolog. Kali ini, pementasan yang berlangsung selama 1,5 jam itu dimainkan di Auditorium Gdg IX Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, selama dua hari 13-14 April 2013 pukul 19.00 WIB.

Sosok Inggit Garnasih sebelumnya dimainkan oleh Happy Salma di STSI Bandung pada tahun 2011, di teater Salihara pada tahun 2012, dan tahun ini dipentaskan di dua Universitas Negeri di Indonesia, UI dan UNPAD.

"Pementasan 'Monolog Inggit Garnasih' ini menceritakan tentang sosok istri kedua dari Bung Karno, sosok perempuan yang kurang dikenal dalam sejaran nasional. Kisah Inggit Garnasih pun menceritakan bagaimana kisah percintaan antara Inggit dan Soekarno, yang jarang dibicarakan dalam sejarah Indonesia. Sehingga pementasan monolog ini bisa menjadi salah satu jendela wawasan kita dalam sejarah Indonesia dalam bentuk berbeda," Aras Bakasdo.

Editor: Dodo