Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Total Investasi di Batam Capai 29,530 USD di Triwulan Pertama 2013
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 13-04-2013 | 12:26 WIB

BATAM, batamtoday - Iklim investasi di Batam terus meningkat. Triwulan pertama tahun 2013, perusahaan yang berinvestasi mencapai nilai 29,530 juta USD dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 768 orang.

Dijelaskan oleh Dwi Joko Dwi Joko Wiwoho, Direktur PTSP dan Humas BP Batam hingga Maret 2013 ada 7 perusahaan baru yang mendapatkan ijin dengan total investasi sebesar 12.400 juta USD. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pakaian jadi, pembuatan dan perbaikan kapal.

"Ketujuh perusahaan tersebut berasal dari negara Singapura," kata Joko.

Selain itu ada juga perusahaan industri alat-alat dan perlengkapan kapal layar, jasa penunjang gas, ada industri barang dan mesin pertambangan.

Selain itu industri barang dari karet untuk keperluan industri berasal dari Australia dua perusahaan, Singapura dua perusahaan, China, Uni Emirat Arab dan Jepang. Perusahaan industri tersebut sewa guna usaha dan sudah disetujui. Diperkirakan dalam enam bulan ke depan sudah beroperasi.

"Sedangkan untuk perluasan usaha hanya satu perusahaan dengan nilai 11,120 juta USD yakni perusahaan yang bergerak di bidang usaha pertambangan minyak bumi dan gas alam asal dari Amerika," ujarnya.

Lebih lanjut, Joko mengatakan untuk realisasi perusahaan yang sudah dapat ijin usaha tetap (IUT) pada Maret ini ada empat perusahaan dengan bidang usahanya perdagangan besar, industri peralatan listrik, rumahtangga dan peralatan elektrotermal rumah tangga, jasa pendidikan bahasa swasta dan jasa akomodasi (hotel) dan jasa rekreasi dan biro perjananan wisata. Setiap bulan juga ada perusahaan yang mengajukan investasi.

Editor: Dodo