Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Bintan Imbau Warga Waspadai Premanisme
Oleh : Arjo
Senin | 08-04-2013 | 16:36 WIB
kapolres_bintan.jpg Honda-Batam
Kapolres Bintan, AKBP Octo Budhi Prasetyo.

TANJUNGUBAN, batamtoday - Kapolres Bintan, AKBP Octo Budhi Prasetyo mengimbau warga untuk mewaspadai dan mengawasi potensi terjadinya tindak premanisme meski Kabupaten Bintan hingga kini disebutnya tergolong aman.

"Sampai sejauh ini, Bintan masih aman. Tetapi bukan menjadi jaminan, tidak ada bakal terjadi adanya tindak premanisme, masyarakat harus tetap mewaspadai dan mengawasi," harapnya kepada batamtoday di Mapolres Bintan, Senin (8/4/2013).

Octo mengharapkan peran aktif dan kepedulian dari masyarakat, karena warga yang lebih mengetahui dan paham dinamika yang terjadi di lingkungannya. Kalau memang mencurigakan, tentunya semua lapisan masyarakat harus selalu berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat.

Adanya peningkatan kasus kriminal seperti pencurian, pencabulan dan pemerkosaan, dimana, pelaku dan korban, masih kategori anak di bawah umur, Octo menyampaikan perlunya pengawasan dari orangtua, keluarga dan lingkungan secara maksimal.

Menurutnya, banyaknya kasus pencabulan dan pemerkosaan terutama korbannya adalah anak di bawah umur, sebagian dilatarbelakangi  masalah ekonomi. Dimana, apabila datang seseorang dengan penampilan yang rapi dan menyakinkan, pihak keluarga justru gampang percaya.

Selain itu, pemicu terjadinya pemerkosaan dan pencabulan, juga ada dampak dari pengaruh teknologi yang semakin canggih, Kalau teknologi makin  canggih tidak diimbangi dengan pengawasan maka teknologi tersebut justru akan berdampak negatif. 

"Bisa dilihat, Warnet semakin menjamur, untuk mengakses yang positif dan negatif gampang. Kalau anak di bawah umur, jelas keiginan untuk tahu sangat tinggi, sehingga perlu pengawasan," imbuhnya.

Editor: Dodo