Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyakit Kuning Mewabah di Bintan Timur
Oleh : Arjo
Kamis | 04-04-2013 | 14:23 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Penyakit Hepatitis A, yang lebih dikenal masyarakat dengan  penyakit kuning mulai mewabah di wilayah Kecamatan Bintan Timur, dimana mulai dari Januari hingga April 2013, jumlah penderita semakin meningkat.

Herman warga Kijang Bintan Timur kepada batamtoday menyampaikan penyakit kuning tersbeut mulai disadari masyarakat sudah banyak yang terjangkit sejak akhir Maret 2013.

"Kita tau, setelah ada tetangga yang dirawat di RSUD Bintan. Ternyata pasein dengan penyakit yang sama, sudah berjumlah beberapa orang," ungkapnya di Tanjunguban, Kamis (4/4/2013).

Sementara itu Roem M, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, mengatakan petugas Dinkes sudah diterjunkan ke lapangan untuk melakukan identifikasi terhaap penyakit tersebut.

"Petugas masih bekerja di lapangan guna memastikan penyebab sertta banyaknya jumlah penderitanya," ujarnya.

Hesti Gustian, anggota Komisi III DPRD Bintan mengatakan, penyakit hepatitis A tersebut sudah mulai menyerang warga Bintan Timur sejak Januari 2013 lalu, dimana jumlah penderita yang terdata untuk bulan Januari 4 orang, Februari 4 orang, Maret 18 orang dan April sudah berjumlah 12 orang.

Hesti meyebutkan terkait penyebaran penyakit kuning, biasanya disebabkan oleh virus yang menular, dimana penyebarannya melalui makanan dan kondisi lingkungan.

"Biasanya penyebaran melalui makanan dan kebersihan lingkungan. Makanya masyarakat juga harus peduli dengan kebersihan lingkungan," ujarnya.

Indra Setiawan dari Komisi III DPRD Bintan, menambahkan terkait dengan mulai mewahnya penyakit tersebut, pihaknya akan segera melakukan rapat dengan Dinkes Bintan, untuk melakukan evaluasi serta mencari solusi dalam mengantisipasi semakin menyebarnya penyakit kuning di Bintan.

Editor: Dodo