Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hendri Frankim Masuk Bacaleg DPRD Kepri dari Partai Golkar
Oleh : Agus Heryanto
Rabu | 20-03-2013 | 11:48 WIB
hendri frankim.jpg Honda-Batam
Hendri Frankim. (Foto: tribunnews)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Mantan calon Wali Kota Tanjungpinang, Hendri Frankim masuk dalam daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kepri, dari Partai Golkar.

Pencalonan Hendri Frankim, secara resmi dilakukan dan diterima DPD II dan DPD I partai Golkar, melalui penjaringan Bakal Calon Legislatif, yang diusung dari partai berlambang pohon beringin itu.

Informasi, yang diperoleh batamtoday,  selain Hendri Frankim, dari Dapil Kota Tanjungpinang untuk Partai Golkar di DPRD Kepri, ada juga anggota DPRD Kepri aktif, Raja Syahniar Usman, Teddy Jun Askara, Rita Herlina, Eddy Wijaya serta isteri Wakil Bupati Bintan Nursaadah Khazalik.

Sedangkan untuk Bakal Calon Legislatif Partai Golkar di DPRD Tanjungpinang dikatakan, ketua DPD II Partai Golkar Tanjungpinang, Ade Angga menyatakan hingga saat ini, masih dalam tahap rekrutmen dan pembahasan di internal partai, dan dalam waktu dekat ini akan segera selesai dilaksanakan.

"Hingga saat ini pelaksanaan rekrutmen masih berlangsung, yang dilakukan oleh Tim seleksi yang kita bentuk diinternal partai, pelaksanaan seleksi Caleg di Golkar sendiri, ditetapkan, sesuai dengan mekanisme partai," ujar Angga tanpa merinci sejumlah mekanisme tersebut.

Selain itu, Ketua DPD II Partai Golkar kota Tanjungpinang ini juga mengatakan, Formasi penyusunan pencalegan di Partai Golkar dilakukan, dengan mengambil pola dan formasi, 30 persen kader senior Golkar, 30 persen kader muda, 30 persen perempuan, dan 10 persen tokoh masyarakat di luar Partai Golkar.

"Rekrutmen 10 persen tokoh masyarakat ini merupakan keputusan internal partai, dengan ketentuan, sang tokoh memiliki visi dan misi yang sama dengan Partai Golkar, memiliki elektabilitas dan popularitas di masyarakat," ujarnya.

Disinggung dengan adanya informasi penyetoran Rp50 juta dana dari tokoh masyarakat di luar partai, Ade Angga dengan keras membantah hal itu, dan pihaknya tidak pernah memberlakukan hal tersebut.

Menurutnya Partai Golkar berusaha mencari dan mengusung sejumlah Caleg yang kridibel serta profesional dalam mengembang amanah dan kepentingan masyarakat.

Disinggung dengan pencalonan Hendri Frankim di DPRD Kepri, dari Partai Golkar, Ade Angga membenarkan hal tersebut, namun pihaknya meminta batamtoday, agar dapat mengkonfirmasi hal itu, ke DPD I Partai Golkar, karena yang melaksanakan rekrutmen dan seleksi Bacaleg untuk DPRD Kepri, merupakan hak pengurus DPD I Provinsi Kepri.

"Itu bukan domain kami, tetapi merupakan tugas dan kewenangan DPD I Provinsi, dan silakan saja tanya ke pengurus DPD I Partai Golkar," ujar Ade Angga lagi.

Sementara itu, Ketua DPD I Partai Golkar Kepri Ansar Ahmad maupun Hendri Frankim sendiri hingga kini belum memberikan pernyataan terkait pencalonan tersebut.

Editor: Dodo