Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akupuntur, Efektif Hilangkan Berbagai Macam Nyeri
Oleh : Sherlyna
Jum'at | 15-03-2013 | 08:47 WIB

BATAM, batamtoday - Manfaat dan khasiat tusuk jarum (akupuntur) mungkin belum banyak dipahami dan diminati oleh masyarakat pada beberapa tahun atau dekade sebelumnya. Tetapi dewasa ini hal tersebut telah banyak dikenal luas oleh masyarakat. Bahkan makin banyak orang yang mulai beralih ke pengobatan jenis ini daripada berobat ke rumah sakit.


Klinik Akupuntur Fadjar Yeo, telah membantu banyak pasien yang menderita berbagai nyeri seperti sakit pinggang, Sciatica, Migrain, nyeri sendi, rematik, sakit kepala kronis, tumit, nyeri jari dan lain-lain yang tentunya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Fadjar Yeo, Certified Acupuncturist, Anggota PAKSI, mengatakan akupuntur merupakan sarana yang efektif dalam menghilangkan rasa nyeri di berbagai bagian tubuh, agar terapi akupuntur efektif, akupunturis perlu memahami dengan baik penyebab dari nyeri tersebut.

"Untuk masalah pengobatan, kamilah sebagai ahlinya, sudah berpengalaman dan telah bersetifikat. Tidak asal pengobatan,namun penuh dengan bimbingan bagi pasien," kata Fadjar, belum lama ini.

Fadjar juga mengatakan dalam pengobatan ala China, ada beberapa penyebab rasa nyeri/sakit di tubuh yang disebabkan faktor ekksternal , internal dan lain-lain. Angin, dingin, panas, lembab, kering, dan api. Disebutkan Fadjar keenam faktor ekternal ini punya ciri-ciri khusus yang indikasi nyerinya berbeda antara satu dengan lainnya.

"Dalam pengobatan cChina, angin adalah pemimpin dari berbagai rasa sakit. Dalam literatur kuno, dikatakan angin adalah penyebab utama dari 100 jenis penyakit.  Umumnya angin berhubungan  dengan faktor ekternal lainnya, maka dikenal dengan istilah angin panas (wind heat), angin dingin (Wind Cold) dan lainnya," kata dia.

Ciri khas nyeri yang disebabkan angin, lanjutnya, menyerang tubuh bagian atas dan tubuh bagian luar  seperti muka , kepala,tengkuk, bahu, lengan atas yang menyebabkan sakit kepala, nyeri muka,tengkuk, bahu Nyeri yang berpindah, pindah, tidak tetap di satu tempat dingin, memperlambat  peredaran Qi dan darah, umumnya disebabkan  sering/lama  didalam air, lama dalam ruangan dingin dan hubungan seks sewaktu menstruasi," kata  Fadjar menerangkan.

"Selain itu Cuaca Panas, Lembab, Kering, Api, dalam arti energi atau Qi yang terlalu ekses akan menyebabkan panas tinggi (api) di dalam tubuh. Umumnya api bergerak keatas dan mengeringkan cairan tubuh dan darah. Api atau panas akan menyebabkan cirkulasi darah lebih cepat yang dapat merusak pembuluh darah, menyebabkan sendi bengkak, terjadi pendarahan seperti mimisan, ini juga sangat berpengaruh bagi kesehatan" kata Fadjar lagi.

Untuk pengobatan akupuntur yang mereka terapkan, akan lebih membantu masyarakat yang membutuhkan jasa mereka, pengobatan akan dilakukan secara rileks tidak ada efek samping.

"Dalam kemampuan saya sebagai  akupunturis, harus memiliki keahlian seperti mendiagnosa lidah, nadi China dan analisa ciri khas dari enam faktor nyeri tersebut di atas kemudian bisa memilih titik-titik akupuntur yang cocok agar terapi dapat dilakukan dengan efektif. Tanpa ada efek samping, kesembuhan dapat, biaya terjangkau," pungkas Fadjar.

Kunjungi Akupuntur Fadjar yang beralamat Tiban City Square A5-12, Samping Jamsostek Tiban, Batam untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor 08127046889.

Editor: Dodo