Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemerintah Dunia Diminta Berantas Polio
Oleh : Dodo
Rabu | 13-03-2013 | 12:20 WIB

NEW YORK, batamtoday - Badan pelindung anak PBB, UNICEF, ikut menyerukan kepada pemerintah-pemerintah di seluruh dunia untuk memberi komitmen membasmi polio dari dunia pada akhir tahun 2018.

Penyakit polio sudah hampir terbasmi dengan hanya 223 kasus yang dilaporkan dari seluruh dunia pada tahun 2012, dibandingkan dengan 350,000 yang dilaporkan pada tahun 1988.

Ketakutan yang muncul adalah apabila badan-badan kesehatan dunia kehilangan momentum membasmi polio, jumlah ini akan meningkat kembali.

Spesialis bidang komunikasi dari UNICEF, Jeffrey Bates, mengatakan kepada program Pacific Beat di Radio Australia bahwa hanya ada sembilan kasus yang dilaporkan sampai saat ini sepanjang tahun 2013.

"Walaupun anak-anak masih terlumpuhkan...semakin sedikit wilayah yang memiliki virus yang menyebabkan kelumpuhan ini," katanya, Rabu (13/3/2013).

"Saat ini kita melihat adanya kasus-kasus polio di daerah-daerah yang terbatas secara geografis seperti Nigeria, Pakistan dan Afghanistan di mana virus [penyebab polio] masih tersebar dan belum diinterupsi."

Menurutnya, walaupun polio kini endemik di tiga negara tersebut, kalau tidak ada rencana untuk membasmi polio, ancaman penebaran virus ini tetap ada.