Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manfaat Air Bagi Tubuh Kita
Oleh : NS. Yahya
Kamis | 24-03-2011 | 13:29 WIB

AIR berfungsi untuk menjaga kesegaran tubuh, membantu pencernaan dalam tubuh kita dan detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh). Selain Itu, taukah anda manfaat yang lain dari air? Air tidak hanya untuk menghilangkan haus saja, namun air juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit, merawat kecantikan,bahkan mengurangi berat badan.


Berikut adalah beberapa manfaat bagi tubuh manusia secara umum :

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan dan Meenyehatkan Jantung

Dengan cara mengkonsumsi air setiap hari, fungsi sistem pencernaan akan menjadi lebih baik dan lebih lancar sehingga tubuh kita akan terhindar dari masalah-masalah umum pencernaan seperti gangguan lambung (maag) maupun susah buang air besar.
    
Air juga di yakini berperan serta dalam menyembukan beberapa penyakit seperti, jantung, rematik, saluran pernapasan, usus dan juga penyakit kewanitaan. barangkali itu adalah alasan mengapa obat alternatif sering di gunakan pemanfaatannya untuk menyembuhkan suatu penyakit.

2. Merawat Kecantikan

Anjuran untuk minum air putih minimal 8-10 gelas perhari bukan tanpa alasan yang jelas. Ia di serap oleh tubuh melalui sel-sel kulit sehingga dapat menghindari kekeringan kulit, menjaga kandungan kelembapan kulit dan mencegah agar kulit menjadi kasar maupun berkerut.
    
Di samping itu, air juga dapat memperbaiki jaringan-jaringan kulit yang rusak, membuat kuku menjadi sehat dan kuat serta tidak mudah retak atau patah.

3. Meningkatkan Kesuburan

Berdasarkan penelitian dari sebuah lembaga penelitian trombosit di Inggris, mandi dengan air dingin diyakini dapat memperlancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit atau virus-virus yang menyerang tubuh.
    
Selain itu, mandi dengan air dingin di pagi hari juga dapat maningkatkan produksi hormon testosteron pada pria juga hormon estrogen pada wanita, yang berarti bisa meningkatkan tingkat kesuburan.

4. Mengobati Stroke

Selain digunakan untuk mengobati penyakit kulit juga, air dapat di gunakan untuk mengobati lumpuh yang di sebabkan Stroke sebab ia dapat membantu memperkuat kembali ligamen dan otot serta memperlancar sistem peredaran darah dan pernapasan.
    
Kandungan ion pada air panas dapat membantu pelebaran pembuluh dara dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek panas membuat pembuluh darah menjadi melebar, meningkatkan oksigenisasi jaaringan dan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi kekauan otot dan menghilangkan rasa sakit atau nyeri.

5. Melangsingkan tubuh

Air putih juga berfungsi untuk membantu menghilangkan kotoran dan racun dalam tubuh dengan mengeluarkan lewat urine. Bila anda ingin menjaga kelangsingan tubuh anda atau bahkan ingin menurunkan berat badan anda, air putih yang hangat yang diminum sebelum makan menjadi cara yang efektif untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk.

6. Menjaga Metabolisme Tubuh

Jika jumlah air dalam tubuh kita menurun, maka fungsi dari organ tubuh kita juga akan menurun sehingga tubuh kita lebih mudah terganggu oleh bakteri maupun virus penyakit. oleh sebab itu, Tubuh kita memerlukan cairan sekitar 2 sampai 2,5 liter sehari. Jumlah ini sudah termasuk asupan cairan dan makanan berkuah, minuman lain seperti susu, teh atau kopi, serta hasil metabolisme makanan yang diambil oleh jaringan dalam tubuh. Tubuh juga menjaga keseimbangan cariran dengan mengeluarkan tinja, air seni maupun keringat dari tubuh kita.

Secara otomatis, kondisi tubuh kita akan menurun jika kadar cairan di dalam tubuh kita kurang. Jika tubuh kehilangan tujuh persen cairan, otomatis tubuh kita akan terasa lemah dan lemas. Para ahli menyarankan untuk minum air tidak harus satu liter lebih banyak daripada yang dibutuhkan rasa haus tubuh kita. Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, semakin banyak pula cairan yang digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu, pakar kesehatan menyarankan agar membiasakan banyak minum air.