Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Penilaian Kedua Adipura

Wawako Imbau Warga Tanjungpinang Intensifkan Goro
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 08-03-2013 | 18:49 WIB
Wawa-Tanjungpinang-1.jpg Honda-Batam
H. Syahrul saat mengimbau warga Tanjungpinang untuk mengintensifkan gotong royong kebersihan dalam apel di lapangan Pamedan Tanjungpinang, Jumat (8/3/2013).

TANJUNGPINANG, batamtoday - Menjelang pelaksanaan kedua penilaian dan pemantauan Piala Adipura di Tanjungpinang, Wakil Wali Kota H. Syahrul langsung mengimbau seluruh PNS dan honorer serta warga Tanjungpinang untuk lebih mengintensifkan gotong royong (Goro) dalam menjaga kebersihaan, keindahaan serta keasrian kota Tanjungpinang.


Imbauan gotong royong itu disampaikan H. Syahrul di hadapan ratusan PNS dan honorer Pemerintah kota Tanjungpinang dalam apel pagi di lapangan Pamedan Tanjungpinang, Jumat (8/3/2013). 

"Saat ini, tim pemantau Adipura dari pusat sudah berada di Kota Tanjungpinang, namun penilaian masih dilakukan di daerah Kabupaten Bintan. Untuk itu, kita masih punya waktu selama beberapa hari untuk membersihkan beberapa titik-titik yang menjadi fokus penilaian Adipura," ujar Syahrul.

Tenaga honorer, kata Syahrul, harus bisa menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan gotong royong dan menjadi contoh bagi warga lain di lingkungan masing-masing. "Sebelum mengajak orang lain untuk bergotong royong, sebaiknya kita dulu yang memulai untuk beraksi. Dengan demikian, aksi yang kita lakukan bisa dicontoh dan ditiru oleh warga yang lainnya," ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, H. Syahrul juga mengatakan, pada Sabtu dan Minggu mendatang pihaknya bersama sejumlah honorer serta PNS akan kembali melaksanakan gotong royong membersihkan beberapa titik fasilitas umum serta lingkungan kota Tanjungpinang yang masih harus ditingkatkan kebersihannya untuk mencapai nilai yang maksimal. 

"Ini merupakan usaha kita, demi mempertahankan Adipura yang sudah 9 kali kita raih. Walaupun demikian, Adipura bukan tujuan utama, tapi kebersihan dan keindahan Kota Tanjungpinang merupakan hal yang harus ditingkatkan," tuturnya. 

Dalam pelaksanaan Goro Sabtu dan Mingga besok, ada 3 titik penting yang menjadi sasaran, pertama membersihkan lokasi yang menjadi titik-titik penilaian Adipura. Kedua adalah pemilahan sampah organic dan sampah annorganik. Setiap rumah dan kantor wajib memiliki 2 tong sampah untuk memisahkan sampah organic dan sampah anorganik

Sedangkan poin ketiga adalah di setiap wilayah perumahan harus ada pengomposan sampah. "Tidak boleh membakar sampah, karena bekas bakaran sampah merupakan hal yang mengurangi nilai," ujarnya.

"Mari kita sama-sama bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan kota ini, dan besok jangan lupa untuk membawa alat gotong royong," ujar Wakil Wali Kota ini mengingatakan.

Editor: Dodo