Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gitaris Black Sabbath Sumbang Lagu untuk Kontes Musik Eurovision
Oleh : Dodo
Jum'at | 08-03-2013 | 14:21 WIB
tommy iommi.jpg Honda-Batam
Tony Iommi, gitaris Black Sabbath.

EREVAN, batamtoday - Gitaris Black Sabbath, Tony Iommi, telah menulis sebuah lagu untuk salah satu peserta sebuah kontes musik, Eurovision. Iommi sendiri menulis sebuah lagu untuk kontestan dari Armenia. Lagu rock balada yang berjudul “Lonely Planet” tersebut akan dibawakan oleh band asal Armenia, Dorians.

Dilansir dari Rolling Stone, Iommi menceritakan, “Saya pertama berkata, ‘oh, Tuhan, saya tidak tahu’ itu sangat aneh, saya mengerjakan lagu Eurovision. Saya tidak biasa melakukan hal itu.” Dia menambahkan, “ tetapi saya mengatakan ‘saya punya lagu rock balada; saya akan mengirimnya’. Masalahnya, saya selalu berpikir, ‘oh tidak, tidak dengan Eurovision,’ dan disinilah saya sekarang.”

Walaupun kabarnya Iommi sempat ragu ketika dikontak oleh perwakilan Armenia di Eurovision, Iommi punya sejarah bersama negara Eropa Timur. Ketika gempa menimpa kota Spitak, Armenia, pada 1988 dan mengakibatkan banyak korban berjatuhan, Iommi membantu menggalang dana untu korban bencana tersebut. kemudian Iommi dan Ian Gillan dari Deep Purple membentuk band WhoCares dan merilis album amal Ian Gillan & Tonny Iommi : WhoCares.

Eurovision sendiri adalah kontes musik yang diikuti oleh negara-negara se-Eropa. Musisi-musisi yang pernah mengikuti Eurovision antara lain ABBA, Celino Dion, dan Julio Iglesias.

Sementara itu, Iommi berencana untuk membuat album bersama gitaris Queen, Brian May. Iommi juga sedang sibuk mengerjakan album reuni Black Sabbath, 13, album pertama mereka dengan Ozzy Osbourne semenjak album Never Say Die! pada 1978. Rencananya album tersebut akan rilis bulan Juni mendatang.

Sumber: RollingStone