Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Banyak Gerak Bikin Anak Lebih Pintar
Oleh : Dodo
Jum'at | 08-03-2013 | 13:26 WIB

BATAM, batamtoday - Sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau anak yang aktif bergerak membuat mereka lebih pintar di sekolah.

Penelitian dalam Journal of Pediatrics tersebut tepatnya menemukan bahwa pelajar SD dan SMP yang malas bergerak cenderung mendapat nilai buruk dalam pelajaran matematika dan tes membaca.

"Sekolah memang sangat membatasi aktivitas fisik pada anak demi berkonsentrasi pada pelajaran seperti matematika. Tetapi sebenarnya anak perlu lebih banyak bergerak agar nilai mata pelajaran mereka di sekolah tetap stabil," papar kepala peneliti Dr Robert Rauner dari Creighton University di Nebraska, seperti yang dikutip dari The Daily News.

Di dalam penelitiannya, Dr Rauner membandingkan banyaknya aktivitas fisik anak dan nilai mata pelajaran mereka di sekolah. Dari situ, hasil penelitian membuktikan kalau anak yang aktif bergerak 2,4 kali lebih besar mendapatkan nilai bagus pada pelajaran matematika dan tes membaca.

Meskipun demikian, BMI (body mass index) anak ternyata tidak mempengaruhi tes di sekolah. Jadi meskipun anak sedikit gemuk, ada kesempatan untuk mendapatkan nilai bagus asalkan mereka lebih banyak bergerak.

Sumber: merdeka.com