Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh PT BH Marine Mogok Kerja
Oleh : Berton Siregar
Jum'at | 01-03-2013 | 12:58 WIB
bh-marine.jpg Honda-Batam
PT BH Marine di kawasan Sei Lekop, Sagulung. (Foto: Berton/batamtoday)

BATAM, batamtoday - Ratusan buruh galangan kapal di PT BH Marine, Seilekop menggelar pemogokan kerja, Jumat (1/3/2013) siang.

Aksi pemogokan itu dilakukan para buruh untuk menuntut kepastian status kerja mereka mengingat perusahaan tersebut akibat akan berganti manajemen dan telah banyak buruh yang mengalami pemecatan sepihak.

 "Kami yang masih bertahan saat ini, jam kerjanya mulai diperkurang, yang biasanya masuk pukul 07.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, tapi sekarang masuk kerja sudah pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB," kata M. Nasir, salah satu buruh PT BH Marine.

Dia juga menambahkan bahwa cara penggajian para buruh ini dihitung berdasarkan jam kerja, meskipun sudah sesuai dengan UMK sekarang.

Ratusan buruh itu berkumpul di kawasan perusahaan dan menggelar aksi damai. Semua karyawan termasuk buruh subcon juga tak diperbolehkan kerja dan aksi ini dikawal ketat polisi Sagulung.

Mr Ben, selaku perwakilan dari manajemen PT BH menemui buruh untuk berunding. Dari hasil runding itu Ben mengakui kalau PT BH akan beralih manajemen dalam waktu dekat ini sehingga adanya pengurangan karyawan dan pengurangan jam kerja buruh lokal itu.

Namun demikian kepada buruh, Ben berjanji akan kembali melakukan perundingan jika kesepakatan peralihan manajemen dengann pihak lain sudah deal.

"Kalau mau lanjut kerja ke manajemen baru atau mau di-PHK nanti kita bicarakan baik-baik. Tapi sekarang masuk normal kembali dulu untuk sebulan ini," ujar Ben seperti yang ditirukan Nasir.

Editor: Dodo